Nasional

Kapolres Karangasem Gelar Jumat Curhat di Desa Ababi

×

Kapolres Karangasem Gelar Jumat Curhat di Desa Ababi

Share this article

KARANGASEM – Polres Karangasem kembali menggelar kegiatan Jumat Curhat yang bertempat di Wantilan Desa Ababi, Banjar Dinas Ababi, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Jumat (7/6). Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Karangasem, AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H., M.K.P., ini dihadiri oleh tokoh masyarakat dan warga setempat.

Dalam sambutannya, Perbekel Desa Ababi I Wayan Siki., S.H mengucapkan selamat datang kepada Kapolres Karangasem beserta rombongan dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Jumat Curhat di Desa Ababi.

“Kegiatan ini sangat penting untuk menyerap aspirasi masyarakat. Agar para tokoh masyarakat dan warga yang hadir dapat menyampaikan permasalahan kepada Bapak Kapolres dan jajarannya, sehingga beliau dapat mengetahui permasalahan dan memberikan solusi,” ungkapnya.

Sementara itu, Bendesa Adat Ababi I Gede Pasek Ariana juga menyambut baik kehadiran Kapolres Karangasem. “Saat ini pihak Kepolisian sudah sangat sering memberikan bantuan kepada Desa Adat Ababi, sehingga kami mengucapkan terima kasih. Selanjutnya, kami mohon kepada Bapak Kapolres dapat memberikan arahan dan penekanan, terutama tentang situasi Kamtibmas,” pintanya.

Menanggapi sambutan tersebut, Kapolres Karangasem AKBP I Nengah Sadiarta menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang hadir dalam acara Jumat Curhat. Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program dari Mabes Polri secara nasional yang dilaksanakan oleh Polres Karangasem untuk menyerap aspirasi dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait Harkamtibmas dan pelayanan dari Kepolisian, membangun kemitraan maupun interaksi antara Polri dan masyarakat, serta mendekatkan antara pimpinan Polri dengan masyarakat sebagai sarana pemecahan masalah.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Karangasem juga menghimbau masyarakat untuk bersama-sama mengantisipasi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang yang rawan terjadi di musim hujan dengan memotong pohon yang rapuh atau membahayakan. Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama memerangi penyalahgunaan narkoba dengan meningkatkan sumber daya manusia generasi muda.

Selama sesi tanya jawab, beberapa tokoh masyarakat menyampaikan pertanyaan dan masukan. Salah satunya adalah BPD Desa Ababi Drs. I Made Dipta yang menyampaikan permasalahan stunting di Desa Ababi dan meminta Kapolres dapat menjembatani permohonan relokasi titik sutet yang melewati persawahan di Obyek Wisata Maha Gangga.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Karangasem menyatakan bahwa pihak Kepolisian hanya dapat memberikan dukungan dengan menurunkan Dokes Polres Karangasem untuk pelayanan kesehatan terkait stunting. Sementara untuk rencana pemasangan sutet, pihak Kepolisian akan mengkomunikasikannya pada rapat bersama Forkopimda dan instansi terkait.

Kawil Br Besang I Kadek Sutaja juga menyampaikan harapan agar Kepolisian dapat mengantisipasi adanya kelompok atau gank motor di Kabupaten Karangasem, serta menangani kelangkaan gas elpiji dan solar di SPBU Ababi, terutama oknum yang memanfaatkan untuk mencari keuntungan.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Karangasem menegaskan bahwa sampai saat ini belum ditemukan keberadaan gank motor atau kelompok GAZA di Kabupaten Karangasem. Namun demikian, Polres Karangasem tetap meningkatkan patroli tiga pilar dan memiliki program Police Go To School untuk mensosialisasikan dan mengedukasi para siswa dan siswi. Terkait kelangkaan gas elpiji dan solar, Kasat Reskrim akan melakukan penyelidikan dan penindakan terhadap oknum yang melakukan penimbunan.

Sementara itu, I Wayan Siwi selaku Ketua Pecalang Desa Adat Ababi menyampaikan bahwa situasi di Desa Adat Ababi saat ini masih aman karena Babhinkamtibmas bersama Pecalang bersinergi dalam melakukan pengamanan pada saat upacara keagamaan.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Karangasem mengapresiasi kinerja Pecalang Desa Adat Ababi yang telah aktif menjaga situasi di desa adat. Ia juga menginstruksikan agar Kasat Bimas dapat turun ke Desa Adat untuk memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap para Pecalang.

Kegiatan Jumat Curhat ini merupakan salah satu upaya Polres Karangasem dalam mendekatkan diri dengan masyarakat, menyerap aspirasi, serta membangun kemitraan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kabupaten Karangasem.@red