Nasional

Kapolres Karangasem Dampingi Kasespim Lemdiklat Polri dalam Acara Aktualisasi ART Policing di Pura Besakih

0
×

Kapolres Karangasem Dampingi Kasespim Lemdiklat Polri dalam Acara Aktualisasi ART Policing di Pura Besakih

Sebarkan artikel ini

KARANGASEM – Kapolres Karangasem AKBP I Nengah Sadiarta, S.H., S.I.K., M.H., M.K.P., bersama Forkopimda Kabupaten Karangasem mendampingi Kasespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si., dalam kegiatan “Aktualisasi ART Policing dan Bakti Masyarakat” yang diselenggarakan oleh Siswa Kuliah Kunjungan Kerja (KKK) Sespimmen Lemdiklat Polri Angkatan Ke-44. Acara ini merupakan bagian dari program Literasi Budaya Sespim Lemdiklat Polri untuk Peserta Didik Sespimen Polri Dikreg Ke-64 Tahun Anggaran 2024.

Kegiatan yang mengusung tema “Sinergitas Polri dan Masyarakat Guna Menjaga Eksistensi Adat Budaya Bali Sebagai Daerah Wisata Dunia” ini berlangsung di Wantilan Pendopo Sri Kesari Warmadewa Sasana Budaya Besakih, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

Bendesa Adat Besakih dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas terselenggaranya acara yang pertama kali diadakan ini. Beliau juga memaparkan sejarah Pura Agung Besakih dan memberikan apresiasi kepada Polri.

Bupati Karangasem turut menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas kinerja jajaran Kepolisian. Beliau berharap Polri dapat terus menjalankan tugas dengan pendekatan humanis dan bermitra dengan masyarakat.

Kasespim Polri, Irjen Pol. Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si., dalam sambutannya menekankan pentingnya seni, budaya, dan pariwisata sebagai pilar peradaban bangsa. Beliau berharap para peserta didik Sespimen angkatan 64 tahun 2024 dapat menjadi pemimpin yang selalu ingat kepada Tuhan, masyarakat, bangsa, dan negara, serta tetap menjaga seni budaya dan pariwisata.

Acara ditutup dengan serangkaian kegiatan simbolis, termasuk pemberian Piagam Penghargaan dari Pemangku Adat Pura Besakih kepada Kasespim Polri, penandatanganan prasasti pembentukan PEJAWITA (Pecalang Penjaga Pariwisata), penyerahan rompi Pejawita oleh Kapolres Karangasem kepada ketua Pecalang Desa Adat Besakih, serta penyerahan paket sembako oleh Kasespimen Polri kepada para pemangku Pura Agung Besakih.

Kegiatan ini menunjukkan komitmen Polri dalam menjaga dan melestarikan budaya lokal, sekaligus memperkuat sinergi dengan masyarakat dalam upaya pengamanan daerah wisata.