Kapolres Jembrana Memberikan Arahan Awal Tahun 2023

JEMBRANA – Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. mengumpulkan para PJU di Aula Polres Jembrana Selasa (24/1) siang dalam rangka memberikan arahan awal tahun 2023 kepada seluruh personil jajaran Polres Jembrana.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa (24/1/2023) pukul 13.00 Wita ini dihadiri oleh Waka Polres Jembrana Kompol Losa Lusiano Araujo, S.I.K., para Kabag, para Kapolsek jajaran, para Kasat, para Kasi dan Perwira Polres Jembrana dengan jumlah keseluruhan 29 orang.

Di tempat tersebut Kapolres Jembrana mengatakan,”sengaja saya kumpulkan untuk menyamakan persepsi dan kegiatan tugas kita pada tahun 2023 agar bisa lebih baik lagi.”

Kapolres menyampaikan bahwa timline kegiatan masyarakat di tahun 2023 yaitu banyak kegiatan-kegiatan masyarakat dan keagamaan yang nantinya kita antisipasi serta kita amankan terutama yang sudah-sudah terdata. Selain itu timline kegiatan Pemilu 2024 berdasarkan PKPU No. 3 Tahun 2022.

“Sebagai info TPS yang ada di Kab. Jembrana sebanyak 900 TPS jadi agar dipersiapkan personel yang nanti akan melaksanakan pengamanan. Akan ada anggaran khusus yang nanti dilibatkan dalam pengamanan Pemilu 2024,” tambah Kapolres.

Lanjut orang nomor satu di jajaran Polres Jembrana ini menyampaikan, kemudian terkait timline operasi di tahun 2023. Hakikat ancaman tahun 2023 yang merupakan potensi gangguan keamanan, ambang gangguan, dan gangguan nyata seperti kejahatan konvensional, kejahatan trans nastional crime, kejahatan terhadap kekayaan negara dan kejahatan berimplikasi kontijensi dan bencana alam.

Kapolres juga menyampaikan atensi kegiatan dalam waktu dekat yaitu lomba ogoh-ogoh dan bulan puasa, jadi nanti dihcek tenkis lomba, atraksi lomba, persyaratan lomba, dan rute lomba. Untuk bulan puasa dichek pada saat pelaksanaan taraweh, jadi nanti pada saat lebaran tidak ada lagi pembatasan dan pemeriksaan sweb lagi.

Program Kapolres Jembrana di tahun 2023 yaitu Prasida, Patroli Rahayu, Jumat Curhat Menyama Braya, Metimpal Polisi Jembrana, Purnama, Pisang Batu dan Bhajra Mekepung.

Lanjutnya, tercapainya Program Quick Wins Presisi yaitu pengembangan SDM Unggul, Perbaikan Interaksi Polisi dengan masyarakat di jalan atau area publik, optimalisasi pelayanan publik, optimalisasi pemolisian masyarakat, manajemen media, penerapan budaya integritas dan anti korupsi dan respon problem akut.

“Terkait potensi kerawanan Pemilu dan langkah antisipasi seperti peningkatan giat perpolisian, pemalsuan data, aksi protes, pengumpulan massa dan ujaran kebencian media sosial,” kata Kapolres.

Mantan Koorspripim Kapolda Bali ini menekankan terkait kesiapan Pemilu 2024 yaitu Sarpras dan SDM dengan menggunakan anggaran Tahun 2023, Sentra Gakumdu terkait aturan, persiapan simulasi Sispamkota dalam rangkaian pengamanan Pemilu 2024, serta langkah-langkah gakkum seperti Ultimum Remidium, Restorative Justice, Hoax (Medsos), dan pengungkapan kasus menonjol.

Kapolres juga pada kesempatan tersebut menyinggung terkait harwat logistik agar semuanya dimanfaatkan dengan baik.

Terakhir penekanan Kapolres Jembrana,”laksanakan tugas dengan baik, tidak melakukan pelanggaran, optimalkan program-program yang sudah dilaksanakan, anggaran harwat, kehadiran dan keaktifan personel di lapangan, netralitas pada setiap perhelatan politik, petakan setiap permasalahan yang ada di sertiap wilayah dan tahapan Pemilu 2024 disiapkan secara internal dan deteksi dini setiap tugas Kepolisian yang akan dilaksanakan.”

“Organisasi tidak akan ada artinya tanpa anggota yang bertugas dengan baik dan benar, demikian juga sebaliknya anggota tidak akan bisa maksimal bertugas tanpa pimpinan yang memimpin dengan baik dan benar, semoga kita bisa melaksanakan semua tugas dengan baik dan benar bersama-sama. Saya kira itu yang perlu saya sampaikan dan saya ucapkan terima kasih,” pungkas perwira melati dua asal Gianyar ini.

Komentar