Nasional

Kapolres Dharmasraya Pantau Rekapitulasi Kotak Suara di PPK

1
×

Kapolres Dharmasraya Pantau Rekapitulasi Kotak Suara di PPK

Sebarkan artikel ini

DHARMASRAYA – Kapolres Dharmasraya, Akbp Agus Ikhwan, S.I.K, beserta Waka Polres Kompol Andri Nugroho Saputro, S.I.K, dan Kabag Ops Kompol Eliswantri, S.H, M.H, melakukan pemantauan langsung terhadap rekapitulasi surat suara di PPK di wilayah hukum Polres Dharmasraya. Kunjungan ini berlangsung di kantor GPU Kator Camat Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya pada Sabtu (17/02/2024).

Rombongan, termasuk Kapolsek Pulau Punjung Akp Iin Cenderi, S.H, M.H, serta personel pengamanan penghitungan rekapitulasi surat suara, bertujuan memastikan kelancaran rekapitulasi surat suara dari PPK kecamatan Pulau Punjung. Kapolres Dharmasraya mengingatkan seluruh anggota Polres dan Polsek yang terlibat dalam pengamanan rekap suara agar tetap waspada dan tanggap terhadap situasi di sekitarnya.

“Situasi harus diantisipasi. Tugas pengamanan harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, jangan meremehkan, dan tingkatkan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan gangguan keamanan. Bersinergi dengan TNI dan masyarakat untuk memastikan keamanan rekapitulasi suara yang sudah berada di setiap PPK kecamatan se-Kabupaten Dharmasraya,” ungkap Kapolres Agus Ikhwan.

Kapolres juga menekankan kepada anggota yang menjaga tempat penyimpanan di kantor PPK untuk melakukan rekapitulasi Pemilu 2024 dan selanjutnya akan dibawa ke KPU. Petugas jaga diminta berkoordinasi dengan petugas penyelenggara pemilu lainnya guna menciptakan sinergitas dalam tugas pengamanan, menjaga transparansi, kejujuran, keadilan, dan kerahasiaan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres mengungkapkan bahwa pemantauan pelaksanaan rekapitulasi adalah langkah preventif untuk mengawal proses demokrasi yang aman dan damai. “Penghitungan suara masih berlangsung di tingkat PPK, setelah selesai, amankan dan kawal menuju KP di setiap Kecamatan, kemudian dilanjutkan ke KPU Kabupaten Dharmasraya,” tambah Kapolres Dharmasraya.@red