Nasional

Kapolres dan Dandim 0605 Subang Sosialisasikan Pencegahan Tindak Asusila di Perusahaan

0
×

Kapolres dan Dandim 0605 Subang Sosialisasikan Pencegahan Tindak Asusila di Perusahaan

Sebarkan artikel ini

SUBANG – Di Kabupaten Subang, salah satunya di lakukan di PT Subang Autocam Indonesia (PT SUAI), yang berlokasi di Desa Wantilan Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang, Senin (22/5/2023) kemaren.

Kegiatan Sosialisasi pencegahan tindakan asusila dalam praktek hubungan industrial di yang di lakukan di PT SUAI ini pun di pimpin langsung Kapolres Subang, AKBP Sumarni bersama Dandim 0605/Subang, Letkol Inf. Bambang Raditya dan di ikuti Kapolsek Cipeundeuy, Kompol Kustiawan, Kasat Intelkam Polres Subang, AKP. Saepudin, Kanit Regident Polres Subang, IPTU Geeta, Pimpinan HRD PT SUAI Sujianto, Para Manager PT SUAI, Perwakilan Serikat Buruh PT SUAI (SPSI), Hosken Ginting, dan juga perwakilan karyawan dan karyawati PT SUAI.

Sementara itu, hadir pula, Direktur PT SUAI Wawan Setiawan, dan juga Senior Manager, Mr. Echii Abe.

Dalam kesempatannya pun, Direktur PT SUAI Wawan Setiawan mengatakan bahwa, kegiatan Sosialisasi ini sangat bermanfaat, dan tentunya untuk menjadi acuan pihak perusahaan, tentunya ini sangat bermanfaat bagi pihak Perusahaan juga seluruh karyawan dan Karyawati di PT Suai ini.

“Dengan adanya sosialisasi ini kami dari pihak Perusahaan sangat berterimaksih kepada kapolres Subang dan juga Dandim 0605/Subang, yang telah menyampaikan sosialisasi terkait masalah staycation yang viral beberapa waktu lalu di wilayah lain, Insya Allah di Perusahaan kami tidak ada hal-hal yang demikian, maka dari itu kami akan sosialsasikan juga terhadap seluruh Karyawan di PT Suai ini,” ujar Wawan Setiawan.

Sementara, Kapolres Subang, AKBP Sumarni, dalam kesempatannya menyampaikan maksud dan tujuan melaksanakan sosialisasi ini, melihat beberapa waktu lalu, ada isu yang hangat, mengenai persyaratan perpanjangan kontrak yang diwarnai dengan Staycation/hubungan seksual oleh oknum manager perusahaan.

“Semoga hal ini tidak terjadi di Wilkum Polres Subang, ya khususnya di PT SUAI Cipeundeuy ini, karyawan di PT SUAI ini, 92 % di dominasi karyawan permpuan, yang juga berpotensi terjadi pelanggaran hukum atau kasus tindak pidana. Maka dari itu, kami dari Polres Subang punya kewajiban untuk melindungi warga masyarakat. kami berharap kejadian tersebut tidak terjadi diwilayah kita,” ungkapnya.

Selanjutnya, Sumarni juga menegaskan bahwa, terkait apabila ada hal demikian di Wilayah Hukum Polres Subang, jangan pernah takut untuk melapor apabila ada kejadian pelecehan seksual, apalagi jika ada yang menjadi korban dari atasan atau teman kerja, agar tidak ragu untuk melapor, dan jangan sampai didiamkan.

“Terkai hal tersebut, pihak perusahaan juga tentunya agar menerapkan sistem terkait tindakan yang dilakukan karyawan. Pihak perusahaan pun harus memberikan sanksi di lingkungan, dan apabila ada hal-hal negatif yang dilakukan karyawan maupun atasan segera melapor kepada Kami,” tegas AKBP Sumarni.

AKBP Sumarni juga menjelaskan bahwa, untuk mencegah agar tidak menjadi korban kejahatan atau yang lainnya, pihaknya menekankan agar selalu hati-hati, jangan memancing untuk orang lain melakukan kejahatan, saling bantu untuk menjaga lingkungan dan diri masing-masing.

Kapolres tak hanya menyampaikan antisipasi pelecehan seksual saja, melainkan dirinya menyampaikan pentingnya tertib berlalu lintas dan juga mengingatkan terkait tahun politik agar masyarakat tetap menjaga kerukunan, persatuan, boleh berbeda pilihan tetapi harus tetap rukun dan mengedepankan toleransi

“Masih banyak karyawan pabrik yang tidak menggunakan helm, apabila mengendarai motor, saya harapkan pihak perusahaan mewajibkan karyawan yang membawa motor menggunakan helm. Terkait saat ini memasauki tahun Politik, Tahun 2024 kita melaksanakan Pemilu silahkan gunakan hak suara sesuai hati nurani apabila ada perbedaan jangan sampai ada perpecahan pada saat Pemilu, mari jaga kerukunan. Dan tentunya kami harap tidak ada kejadian yang berkaitan dengan pelecehan seksual, apabila ada yang mengalami pelecehan seksual atau bahkan kekerasan dalam rumah tangga agar tidak ragu untuk melapor kepada Pihak Kepolisian, ingatkan keluarganya agar tidak menjadi korban kekerasan maupun pelecehan seksual, jangan sampai keluarga kita menjadi korban. Dan juga apabila ada kejadian kriminal ataupun gangguan Kamtibmas agar melapor ke 110 Call Centre Polres Subang atau ke nomer japri saya yang tertera di Medsos (Instagram) Polres Subang,” jelasnya.

Selanjutnya, Dandim 0605/Subang Letkol Inf. Bambang Raditya, mengatakan bahwa pihaknya hadir dalam kegiatan tersebut iniuntuk mensosialisasikan yang menjadi trending topik yaitu pelecehan seksual di Perusahaan. Hal ini tentunya kedepan pihak management bisa memberikan sosialisasi terkait permasalahan tersebut dan pihak management berikan pemahaman apabila sudah dilaksanakan, maka dari itu, mari lakukan penyegaran dengan mengulang kegiatan ini.

“Maka dari itu, dengan adanya kasus beberapa waktu lalu, mari kita tingkatkan kepedulian, bila melihat rekannya bertingkah laku yang menjadi masalah, tentunya kenali karakter nya,” imbuhnya.

Selanjutnya, Bambang Raditya juga menambahkan bahwa, terkait kekerasan dalam rumah tangga jangan sampai dibiarkan karna hal tersebut akan merembet kepada permasalahan lain, laporkan kejadian kepada Pihak Kepolisian setempat, atau ke Polres Subang.

“Nah terkait dengan rekrutmen karyawan, apabila ada praktek pencaloan, segera untuk melaporkan tindakan ini, tentunya hal ini, saya harapkan di Kabupaten Subang tidak ada praktek keliru yang terjadi khususnya di PT SUAI ini,” harapnya.

Salah satu Karyawati PT SUAI, Chantika mengatakan bahwa, kegiatan yang di lakukan oleh Kapolres bersama Dandim Subang ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan terutama bagi seluruh karyawan perempuan, terutama di PT SUAI ini.

“Ya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, saya mengucapkan terimakasih kepada Ibu Kapolres Subang dan juga Pa Dandim yang telah menyampaikan sosialisasi tindak pelecehan seksual ini, dan informasi ini juga saya akan sampaikan kepada rekan-rekan kerja saya, terimaksih Ibu Kapolres dan Pa Dandim, ini sangat bermanfaat bagi kami Karyawan PT SUAI,” jelasnya.(Jj)