oleh

Kapolres Ciamis AKBP Dony, Siagakan Pengamanan Proses Pilkada Serentak di Pangandaran 2020

PANGANDARAN – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Pangandaran pada 9 Desember mendatang menjadi perhatian besar pihak aparat keamanan. Polres Ciamis, Kodim 0613/Ciamis, Lanud Wiriadinata, dan Pos Angkatan Laut Pangandaran dan Instansi terkait lainnya disiagakan untuk mengamankan proses pelaksanaan mencari orang nomor satu di Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran.

Kegiatan pengamanan dilakukan sebelum dari pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati hingga pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran terpilih. Hal itu guna memberikan rasa aman dan nyaman warga masyarakat selama proses pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Pangandaran.

Dalam pelaksanaan kegiatan pendaftaran Bapaslon di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU), ratusan personel gabungan disiagakan untuk mengamankan jalannya pelaksanaan pendaftaran. Kegiatan pengamanan ini diawali dengan pelaksanaan Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan di Dusun Cikangkung, Desa Cikembulan, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (4 September 2020).

Pelaksanaan Apel Gabungan ini dipimpin langsung oleh Dandim 0613/Ciamis, Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., dan diikuti oleh 350 personel gabungan. Mereka terdiri dari personel Polres Ciamis, Kodim 0613/Ciamis, Lanud Wiriadinata, Pol Angkatan Laut Pangandaran, Satpol PP Kabupaten Pangandaran, Subdenpom III/2-4 Banjar, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra, S.I.K., M.H., Wakapolres Ciamis, Kompol H. Hidayatullah, SH., S.I.K., Ketua KPU Kabupaten Pangandaran, Muhtadin, SH.i., Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pangandaran, Drs. Dedih Rakhmat, M.Si., dan Danramil serta Kapolsek jajaran diwilayah Kabupaten Pangandaran.

Dandim 0613/Ciamis, Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., menyampaikan bahwa hari ini merupakan kegiatan pendaftaran salah satu pasangan calon. Ini bisa dijadikan tolak ukur bersama dalam rangka pengamanan.

“Kita semua TNI dan Polri bersikap netral dan tidak ada keberpihakan kepada salah satu Pasangan Calon,” tegas Dandim 0613/Ciamis dalam arahannya dihadapan 350 personel gabungan.

Dandim mengungkapkan, kegiatan simulasi yang dilaksanakan sebelumnya akan diterapkan secara nyata sesuai petunjuk kegiatan kemarin. “Untuk para anggota pengamanan baik dari TNI maupun Polri harus menjadi contoh kepada masyarakat dengan menggunkan protokol kesehatan Covid-19,” imbuhnya.

“Saya harapkan kegiatan pendaftaran nanti berjalan aman dan tertib,” tandasnya.

Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra, S.I.K., M.H., menambahkan, mari sama-sama untuk selalu menjaga Kamtibmas dan menciptakan kondusifitas serta tidak lupa juga untuk selalu menjalankan protokol kesehatan menjelang pelaksanaan kegiatan. “Mulai lah dari kita sendiri untuk patuh terhadap protokol kesehatan yang 3 M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir,” imbuhnya.

“Mari sama-sama kita sukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Pangandaran yang sukses, aman dan damai, serta kondusif,” tuturnya.

Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran yang akan mendaftar hari ini adalah pasangan H. Jeje Wiradinata dan H. Ujang Endin Indrawan. Sebelum ke kantor KPU, mereka terlebih dahulu melaksanakan Deklarasi di Alun Alun Parigi dan kemudian bergerak menuju KPU Kabupaten Pangandaran menggunakan sepeda.@Mahendra

 

Komentar

News Feed