Nasional

Kapolres Bengkulu Selatan Bersama Dandim 0408 Beri Bantuan Kepada Warga Terdampak Gempa

0
×

Kapolres Bengkulu Selatan Bersama Dandim 0408 Beri Bantuan Kepada Warga Terdampak Gempa

Sebarkan artikel ini

BENGKULU – Dampak Gempa berkekuatan 5.6 magnitudo yang mengguncang wilayah kabupaten Bengkulu Selatan   dan sekitarnya, tercatat sejumlah rumah warga di beberapa kecamatan mengalami kerusakan.Senin (25/03/2024) kemaren.

Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Florentus Situngkir SIK ,bersama Dandim 0408 Bengkulu Selatan, melakukan pengecekan langsung ke rumah warga yang terdampak gempa.

Selain mendatangi para korban yang rumahnya terdampak, Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Florentus Situngkir SIK  dan Dandim 0408 BSK   itu juga memberikan bantuan berupa sembako  yang terdampak  gempa.

Menurut AKBP Florentus Situngkir SIK terkait dengan kerusakan yang dialami oleh masyarakat saat ini masih diinventarisir dan didatakan untuk solusi perbaikan.

“Untuk kerusakan dampak gempa sedang diinventarisir apakah nanti perbaikannya cukup dari desa atau dari Pemda melalui BPBD,” ucap AKBP Florentus Situngkir SIK .

Lebih lanjut AKBP Florentus Situngkir SIK   mengatakan dari data sementara yang berhasil dihimpun terdapat belasan rumah warga yang mengalami kerusakan baik ringan hingga tembok runtuh.

Namun demikian kata Kapolres Bengkulu Selatan   pihaknya juga telah memerintahkan anggotanya yang ada di jajaran Polsek untuk berkolaborasi dengan pemerintah setempat mendata kerusakan dampak gempa.

Jika tidak memungkinkan nanti akan di data juga oleh para Kades dan hasilnya akan di serahkan kepada BPBD,” tutur AKBP Florentus Situngkir SIK .

Masih kata AKBP Florentus Situngkir SIK  , akibat dari gempa 5.6 Skala richter tersebut  menyebabkan kerusakan sejumlah bangunan dan rumah warga yang tersebar di dua  kecamatan.

Rata-rata tembok runtuh, dan retak retak ,” jelas Kapolres.

Kapolres BS , lebih lanjut   menyampaikan   sesuai data yang ada hingga saat ini ada beberapa rumah   yang terdampak baik itu rusak ringan maupun rusak berat.

Kami bersama Bapak Dandim  sudah meninjau beberapa titik dan menyerahkan bantuan” ucapnya.

Lebih lanjut Kapolres Bengkulu Selatan  menyarankan agar masyarakat menjauhi bangunan-bangunan yang sudah retak atau bangunan yang konstruksinya kelihatan tidak kuat.

Menurutnya Propinsi Bengkulu adalah zona rawan terjadi nya gempa bumi , karena sebelum terjadi gempa bumi 5, 6 magnitudo tersebut terlebih dahulu ada gempa bumi walsupun itu dalam skala kecil
Dan terakhir terjadi 5,6 magnitudo

Itu cukup tinggi dan tetap harus kita waspadai” tutupnya. @ ANTON PUTRA JAYA.