Nasional

Kapolres Atensi Penindakan Kenalpot Brong, Satlantas Gencar Laksanakan Razia

×

Kapolres Atensi Penindakan Kenalpot Brong, Satlantas Gencar Laksanakan Razia

Share this article

POLRES SINTANG – Penindakan Kepolisian terhadap penggunaan knalpot brong semakin gencar dilaksanakan oleh Polres Sintang yang tak lain merupakan imbas dari suara bising yang kerap meresahkan masyarakat, Selasa (30/1/24).

Penertiban lewat sanksi tilang yang dilaksanakan tepatnya oleh Satlantas Polres Sintang ini menargetkan para pengguna kendaraan R2 yang kedapatan dalam penggunaan knalpot tidak standar atau brong.

banner 325x300

Dijelaskan oleh Kapolres Sintang melalui Kasat Lantas Iptu Nanda Sulvy Pratama penindakan terhadap pengguna knalpot brong ini merupakan komitmen Kepolisian dalam menciptakan lingkungan yang nyaman dan tentram bagi masyarakat.

“Komitmen kita tentunya menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi masyarakat sehingga hal ini tidak sejalan dengan fungsi knalpot brong yang dapat mengganggu ketentraman karena polusi suara yang berlebihan” Jelas Iptu Nanda.

“Tindakan tegas kita lakukan terhadap para pelanggar, selain kenalpot kita lakukan penyitaan tentunya ada sejumlah sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku akan kita kenakan supaya dapat memberikan efek jera dan tidak mengulangi kembali” Tambahnya.

Dari data yang dimiliki, Iptu Nanda menuturkan sebagian besar para pengguna kenalpot brong tersebut masuk dalam kalangan muda-mudi baik yang berstatus pelajar maupun tidak.

“Ini perlu kembali kita sosialiasikan kembali khususnya ke sekolah-sekolah, karena sebagian besar kita temui pengguna kenalpot brong itu berada di kalangan muda-mudi ada yang berstatus pelajar dan sebaliknya ada yang tidak” Terang Kasat Lantas.

Meskipun demikian penindakan terhadap kenalpot brong ini tak luput dari atensi Kapolres Sintang berdasarkan keluhan masyarakat yang kerap ia terima dari masyarakat saat melaksanakan program rutin jumat curhat setiap pekannya.

“Bapak Kapolres sudah mengatensi, supaya ini segera ditindaklanjuti karena setiap program jumat curhat yang dilaksanakan, keluharan terkait kenalpot brong ini selalu disuarakan oleh warga setempat sehingga ini juga menjadi evaluasi bagi kami di Satuan Lalu Lintas” Ungkapnya.@Khairul/Hms