oleh

Kapolda Bali Kukuhkan Forum Sipandu Beradat Dan Bankamda Di Kabupaten Klungkung

KLUNGKUNG  – Polres Klungkung, Kapolda Bali Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra.,Msi secara langsung mengukuhkan forum Sipandu Beradat (Sistem Pengamanan Terpadu Berbasis Desa Adat) dan Bankamda di Kabupaten Klungkung, Selasa, 02/11/2021. Upacara pengukuhan dilaksanakan di Lapangan Puputan Klungkung.

Adapun undangan yang hadir dalam kegiatan pengukuhan Sipandu Beradat di Kabupaten Klungkung. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta,S.Pd.,M.M., Dir Binmas Polda Bali Kombes Pol Drs. Arum Priyono,Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana,S.I.K.,M.H., Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, SH., M.Si., dan Forkompimda Klungkung beserta Bendesa Adat dan Pecalang Perwakilan di Seluruh Kab. Klungkung

Kapolda Bali mengatakan bahwa dengan dikukuhkannya forum Sipandu Beradat dan Bankamda ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan adat yang ada di Bali. “Inikan implementasi dari Peraturan Gubernur Bali nomor 26 tahun 2020, sebenarnya ini adalah forum komunikasi dari setiap unsur keamanan yang ada di Desa Adat. Ada Pecalang, ada Prajuru, ada Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan yang lain-lain,” ujarnya.

Dikatakan Irjen Pol Putu Jayan Danu, bahwa forum ini akan melibatkan peran dari masing-masing aparat keamanan. mulai dari Desa ataupun TNI-Polri, “Intinya adalah problem solving terkait ada permasalahan di Desa Adat dapat deselesaikan melalui forum ini, perannya masing-masing seperti Bhabinsa melaksanakan peran sebagai Babinsa, Bhabinkamtibmas melaksanakan peran sebagai Bhabinkamtibmas juga Pecalang perannya sebagai pecalang di Desanya, jadi ini tidak merubah peran masing-masing,” katanya.

Sehingga dengan adanya forum Sipandu beradat ini, dapat mengkomunikasikan, menyelesaikan permasalahan dan juga gangguan keamanan di Desa Adat. “Ini adalah hal yang bagus mudah-mudahan ini menjadi ikon yang bisa dipakai di seluruh Indonesia yang berbasis Desa Adat,” ucapnya.

“Kita tahu sendiri, Bali Desa Adatnya kuat. Masyarakatnya patuh sekali dengan apa yang disampaikan oleh Desa Adat dan kita menfasilitasi ini dan Gubernur Bali juga sudah membentuk Pergub terkait hal ini,” tandasnya.( ags)

Komentar

News Feed