Nasional

Kantor Kemenag Kabupaten Konawe Lakukan Bimbingan Manazik Haji.

0
×

Kantor Kemenag Kabupaten Konawe Lakukan Bimbingan Manazik Haji.

Share this article

KONAWE – Pada Musim haji tahun ini Kementrian Agama Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara menyelenggarakan bimbingan Manazik dalam rangka persiapan pemberangkatan haji reguler pada tanggal 31 mei 2024 mendatang.

Kegiatan ini dibuka oleh Pejabat Bupati Konawe diwakili Asisten III Setda Kabupaten Konawe, H. Burhan di dampingi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Konawe, H. Ahmad Lita Rendelangi,S.Ag, M.Pd membuka secara resmi Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kab. Konawe 1445 H/2024 M di Aula PLHUT Kantor Kemenag Kabupaten Konawe.Rabu, (24/4/2024).

banner 325x300

Turut hadir, Kabag Kesra Setda Kabupaten Konawe, Pimpinan Bank Muamalat Cabang Unaaha, Plh.Kepala Seksi Haji Kemenag Kabupaten Konawe serta para
Calon Jamaah Haji Kabupaten Konawe.

Kepala kantor Kementrian Agama(Kemenag) kabupaten Konawe Konawe,H.Ahmad Lita,Rendelangi,S.Ag.M.Pd Mengatakan bahwa, untuk kuota haji tahun ini Kabupaten Konawe sebanyak 146 orang yang tergabung dalam kloter UPG 29 Makassar, 144 dan UPG 31, 2 org jamaah.

Menurut rencana, akan berangkat dari Konawe tgl 31 Mei 2024 menuju embarkasi Hasanuddin makassar
Saat ini sementara pelaksanaan Bimbingan manasik haji tingkat kabupaten 2 kali dilanjutkan bimbingan manasik tingkat kecamatan sebanyak 8 kali yang terbagi 3 zona yaitu zona kecamatan Unaaha, Wawotobi,Abuki

Tujuan pembekalan menurut Kakan Kemenag kabupaten Konawe H. Ahmad Lita Rendelangi adalah untuk memberikan bekal ilmu perhajian,dan kesehatan, terpenting praktek haji mulai dari pemberangkatan dari rumah,embarkasi,tempat tujuan Arab Saudi sampai pada pemulangan Jama’ah kembali ke tanah air.

Terkait kendala,selama dalam proses persiapan haji ada beberapa orang yang mengundurkan diri salah satunya dari lansia mengenai faktor kesehatan yang tidak mumpuni kemudian faktor finansial yang tidak sempat melakukan pelunasan.

Masih Kakan Kemenag,untuk calon haji ini di pasilitasi panitia semua dari kementrian agama dan pemerintah daerah kabupaten konawe bertanggung jawab.adapun pihak ketiga hanya sebatas mitra kerja seperti dinas perhubungan,kepolisian,kesehatan mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan nanti.

Harapan Kemenag dan pemerintah daerah kabupaten Konawe dengan dilakukannya pembekalan manazik, calon haji dapat melaksanakan ibadah haji secara mandiri,dan kepada semua calon haji dimudahkan perjalanan dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat wal’afiat.@Saimin.