Nasional

Kadis Kesehatan dan Kapuskesmas Berharap Stratanya Paripurna

5
×

Kadis Kesehatan dan Kapuskesmas Berharap Stratanya Paripurna

Sebarkan artikel ini

SIKABU – TIM Survai Reakreditasi Puskesmas dari kementrian Kesehatan terus melakukan workshop untuk meningkatkan strata sejumlah puskesmas satu tingkat lebih tinggi yang ada di padang Pariaman ini, dan kali ini Puskesmas yang mendapat giliran adalah puskesmas nagari Sikabu yakni Puskesmas yang ke sembilan yang telah di nilai.

Seperti harapan Kapuskesmas yang lain nya, Yanti Herawati, S.Tr.Keb.Bd Kapuskesmas Sikabu juga berharap tentunya kali ini bisa naik kelas dari Madya bisa langsung melompat ke Paripurna tingkatkan akreditasi nya.

dr Aspinuddin Kadis Kesehatan Kab. Padang Pariaman mengatakan di Puskesmas Sikabu Jum 22 Sept 2023, saat ini yang sudah di nilai akreditasinya ada sembilan puskesmas dan yang sudah mendapat nilai Paripurna yakni Puskesmas Sungai Sarik, Puskesmas Ps. usang, dan Puskesmas Lubuk alung dan satu puskesmas mendapat Akreditasi
Utama yaitu Puskesmas Sintuk, dan sisa nya belum keluar hasil penilaian nya, dan target dari dr. Aspinuddin sendiri adalah seluruh Puskesmas yang ada di padang Pariaman adalah strata Paripurna

“Kenaikan satu tingkat itu target minimal, tapi target yg diminta kepada semua puskesmas adalah paripurna” ujar Kadis Kesehatan dr. Aspinuddin.

Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten padang pariaman dr. Syafriwinati MARS. menjelaskan pelaksanaan reakreditasi ini memang selalu dilaksanakan di setiap 3 tahun sekali dan di wilayah Kab Padang pariaman sebanyak 25 puskesmas yang ada sudah terakreditasi, namun akan kembali dinilai akreditasinya sebagai bagian upaya peningkatan stratanya ke arah lebih baik lagi.

“Untuk suksesnya kenaikan strata ini, sangat diharapkan kepala puskesmas bersama tim kesehatannya bisa meningkatkan kinerjanya,” harap nya.

Hasil akreditasi ini sendiri nantinya akan dapat menentukan kapitasi yang diberikan ke puskesmas, mulai dari penyediaan dana DAK ke dinas kesehatan, sampai pengaruhnya kepada penerimaan kapitasi dari BPJS dan sekedar informasi dalam rangka peningkatan tatakelola mutu layanan dan keselamatan pasien, kabupaten padang pariaman beberapa waktu yang lalu Kab. padang Pariaman kedatangan tim surveior akreditasi FKTP yang terdiri dari dr. H Zunirman dan dr. Prima Nofeki Syahrir MM sebagai tim penilai dari Kemenkes.

Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, yang dilakukan oleh lembaga independen yang diberikan kewenangan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Ajie

Bersambung