Nasional

Jokowi: ASEAN Butuh Strategi Luar Biasa Wujudkan Epicentrum of Growth

1
×

Jokowi: ASEAN Butuh Strategi Luar Biasa Wujudkan Epicentrum of Growth

Sebarkan artikel ini

MEDIA POLRI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ASEAN membutuhkan strategi yang luar biasa untuk mewujudkan cita-cita menjadi epicentrum of growth. Pasalnya, saat ini dunia sedang tidak baik-baik saja.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi saat meresmikan Pembukaan ASEAN Business and Investment Summit (ABIS) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023). Kegiatan ini merupakan rangkaian KTT ASEAN.

“Karena ini adalah modal besar ASEAN, untuk mencapai cita-cita menjadi epicentrum of growth. Namun, di tengah kondisi dunia yang sedang tidak baik-baik saja, strategi ASEAN, tidak bisa hanya biasa-biasa saja, nggak bisa,” ungkap Jokowi.

Selain strategi taktis yang luar biasa, lanjut Jokowi, ASEAN juga membutuhkan kolaborasi yang makin solid antar negara di kawasan Asia Tenggara.

“Butuh kolaborasi yang semakin solid. Tidak bisa sendiri-sendiri, butuh kolaborasi yang solid,” ujarnya.

Jokowi menjelaskan kolaborasi solid itu harus dilakukan antarnegara dan antarpengusaha. Dia pun berharap ASEAN Business Advisory Council (BAC) dapat berperan lebih besar dalam mengimplementasikan hal tersebut.

“Dalam perumusan dan pengimplementasian strategi taktis, kolaborasi lintas stakeholders ini sangat penting,” tukasnya.@red