Nasional

Jelang Pilwu Serentak 2023, Camat Weru Minta Semua Pihak Jaga Kondusivitas

8
×

Jelang Pilwu Serentak 2023, Camat Weru Minta Semua Pihak Jaga Kondusivitas

Sebarkan artikel ini

 

Cirebon- Camat Weru, Kabupaten Cirebon,Hevazy Aldhary meminta kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga kondusivitas di wilayah Kecamatan Weru jelang pemilihan kuwu (Pilwu) serentak 2023.

“Berbeda pilihan, berbeda pandangan itu sudah biasa, tetapi saya memohon tetap menjaga kondusivitas di desanya masing-masing,” kata Alda sapaan akrab Hevazy Aldhary saat ditemui di Kantor Desa Megu Cilik pada Selasa, 23 Mei 2023 siang.

 

Alda menyebutkan, sebanyak 3 desa di wilayah Kecamatan Weru akan mengikuti Pilwu serentak 2023. Ketiga desa itu adalah, Setu Wetan, Tegal Wangi, dan Karangsari.

“Ini (Pilwu) sebuah rutinitas jadi gak perlu terlalu fanatik, salurkan suaranya, silahkan sesuai dengan mekanisme. Tetapi menjaga pertemanan dan persahabatan diantara masyarakat desa itu sendiri jangan sampai pecah gara-gara Pilwu,” ujar Camat Weru ini.

Meskipun begitu, Alda belum memastikan Pilwu serentak bakal di gelar pada tahun 2023 ini. Sebab, kata dia, pedoman pelaksanaan Pilwu itu adalah peraturan bupati (Perbup). Sementara hingga saat ini dirinya tengah menunggu terbitnya Perbup tentang Pilwu 2023.

 

“Sampai saat ini saya belum menerima Peraturan Bupati (Perbup). Jadi saya tidak mengatakan pasti ada Pilwu atau tidak adanya Pilwu, saya belum bisa menjawab itu karena saya belum memegang Perbup,” jelas Alda.

Namun, jika Perbup tersebut telah dikeluarkan oleh pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Cirebon, dirinya akan menggelar Road Show di desa yang akan mengikuti Pilwu serentak 2023.

“Kalau nanti suatu saat ada Perbup ini muncul tentang Pilwu, saya akan mengadakan road show untuk menjelaskan aturan Pilwu ketiga ini,” pungkas Alda.

 

Alda melanjutkan, Road Show tersebut dilakukan agar masyarakat memahami tentang tata cara Pilwu.

“Sehingga mereka tidak perlu bertanya kepada yang lain, cukup bertanya kepada panitia (Pilwu), kepada kami di Kecamatan ada Timwas sehingga tidak menimbulkan penafsiran yang lain,” terang Alda.

Kendati demikian, ia berharap pelaksanaan Pilwu serentak 2023 dapat terlaksana dengan baik, aman dan kondusif.

“Harapan kami bahwa Pilwu bisa berjalan dengan jujur, adil dan yang paling penting bisa menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Alda.(@dedi/mumin)