Nasional

Jelang Pilkades Serentak Di Kabupaten Sukabumi, Ini Harapan Kapolres Sukabumi Kepada Para Calon Kandidat

3
×

Jelang Pilkades Serentak Di Kabupaten Sukabumi, Ini Harapan Kapolres Sukabumi Kepada Para Calon Kandidat

Sebarkan artikel ini

SUKABUMI – Dalam rangka persiapan pengamanan Pilkades Serentak di Sukabumi, akan dilaksanakan pada Hari Minggu tanggal 24 September 2023 mendatang, Polres Sukabumi menyiapkan Strategi Jitu.

Ada sebanyak 71 (Tujuh Puluh Satu) Desa di Kabupaten Sukabumi yang melaksanakan Pilkades, sedangkan yang masuk ke dalam wilayah hukum Polres Sukabumi sebanyak 65 (Enam Puluh Lima) Desa, sisanya masuk ke dalam wilayah hukum Polresta Sukabumi.

Untuk mengamankan dan mensukseskan jalannya Pesta Demokrasi di tingkat Desa tersebut, Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede mengumpulkan seluruh Pejabat utamanya serta para Kapolsek Jajaran guna merumuskan strategi yang tepat dalam mengamankan kegiatan Pilkades serentak itu.

“Pada siang ini, saya sengaja melaksanakan kegiatan Gelar Operasional Rutin (GO) yang didalamnya ada pembahasan khusus tentang kesiapan Polres Sukabumi untuk mengamankan pelaksanaan kegiatan Pilkades yang dilaksanakan secara serentak, ” kata AKBP Maruly Pardede, Selasa (19/09/2023).

Dalam kegiatan Gelar Operasional itu, kata Maruly, dirinya mendengarkan pemaparan dari Kasat terkait dan Kapolsek, wilayah mana saja yang akan melaksanakan Pilkades tentang situasi terkini tahapan Pilkades, kendala yang dihadapi juga kerawanan yang mungkin terjadi.

”Dari pemaparan yang saya terima, saya dibantu oleh Wakapolres dan para Pejabat Utama Polres sudah membuat pola pengamanan yang tepat. Pola pengamanan tersebut disesuaikan dengan situasi kerawanan di masing-masing Desa,” paparnya.

Maruly menerangkan, bahwa pihaknya merumuskan pola pengamanan yang akan menentukan pada penempatan atau ploting personil di lapangan pada saat pelaksanaannya.

”Dalam pelaksanaan pengamanan, tentunya ada skala prioritas pada penempatan personil berdasarkan katagori penilaian data kerawanan yang telah saya terima. Intinya, Polres Sukabumi dan Jajaran telah siap mengamankan gelaran Pilkades,” terangnya.

Kapolres berharap kepada para Calon, agar berkomitmen pada Pakta Integritas untuk siap mentaati aturan terutama siap menerima apapun hasil dari Pilkades nantinya. Maruly mengingatkan, apabila ditemukan ada permasalahan dalam pelaksanaan Pilkades, agar ditempuh dengan proses hukum yang berlaku.

”Saya menghimbau kepada pihak panitia agar secara profesional dan berintegritas melaksanakan tugasnya, sesuai peraturan yang berlaku. Khusus kepada semua Calon, saya minta komitmennya untuk siap menerima kemenangan dan siap menerima kekalahan,” pungkas orang nomor Satu di wilayah Hukum Polres Sukabumi.@humas