Jelang Pemilukada 2020, Waka Polres Tabanan Pimpin Rapat Perdana Satgas Nusantara

TABANAN, mediapolri.id – Waka Polres Tabanan Kompol Ni Made Sukerti, S.H. memimpin rapat perdana Satgas Nusantara Polres Tabanan bertempat di Ruangan Rapat Utama Polres Tabanan.

Polres Tabanan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Nusantara jelang pelaksanaan pilkada serentak 2020. Satgas tersebut bertugas mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat pilkada berlangsung, Sabtu (22/02-2020).

“Satgas Nusantara kami bentuk dalam rangka untuk mendinginkan isu-isu yang berkaitan dengan pilkada sehingga kita harapkan dengan pendinginan itu situasi yang memanas tidak sampai ramai, meledak, dan diteksi dini tentang kerawanan-kerawanan yang terjadi menjelang Pemilukada 2020” kata Waka Polres Tabanan.

Pada Prinsipnya Tugas Pokok Satgas ini adalah untuk meminimalisir isu-isu provokatif menyangkut isu-isu primodialisme, ( SARA ) yang dilaksanakan dengan dua cara yaitu soft aproach dan hard approach. Soft approach dilakukan melalui kegiatan Intelijen, Binmas dan Humas. Sedangkan hard approach melalui penegakkan hukum yang proporsional dan profesional dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, jelas nya.

Sukerti menambahkan, satgas tersebut terdiri dari empat Sub Satgas yakni Subsatgas Manajemen Sosial ( Sat Intelkam ), Subsatgas Manajemen Media ( Humas ), Subsatgas Kemitraan ( Sat Binmas ) dan Subsatgas Penegakkan Hukum ( Sat Reskrim ).

Masing-masing Subsatgas akan bekerjasama dengan para tokoh agama dan masyarakat. Tujuannya, untuk meredam tensi panas saat Pilkada. “Kami perlu juga tokoh-tokoh masyarakat yang memberikan pernyataan-pernyataan yang menyejukkan, itu kami akan bekerjasama dengan seluruh potensi masyarakat, stakeholder yang terkait,” ucap Sukerti.

Untuk memperlancar sistem pelaporan agar ada beberapa instrumen yang harus segera disiapkan seperti surat perintah tugas, pembuatan panel data, posko, group media sosial dan rencana kegiatan dan hasil kegiatan, tambahnya lagi.@Red

Komentar