Nasional

Jelang Pemilu, Kapolres Dharmasraya dan Ketua Cabang Bhayangkari Kunjungan Silaturahmi ke Polsek Sitiung dan Pulau Punjung

×

Jelang Pemilu, Kapolres Dharmasraya dan Ketua Cabang Bhayangkari Kunjungan Silaturahmi ke Polsek Sitiung dan Pulau Punjung

Share this article

DHARMASRAYA – Kapolres Dharmasraya, AKBP Bagus Ikhwan, S.I.K, M.H, beserta Ketua Cabang Bhayangkari Polres Dharmasraya, Ibu Riyana Bagus Ikhwan, turut didampingi oleh Waka Polres Kompol Andri Nugroho Saputro, S.E, S.I.K, M.H dan rombongan Pejabat Utama Polres, Melakukan kunjungan silaturahmi ke Polsek Sitiung dan Pulau Punjung sebagai langkah strategis menjaga Kamtibmas dan mempersiapkan pengamanan Pemilu 2024.

Pada Rabu, 31 Januari 2024, 09.00 WIB. Kapolres Dharmasraya bersama Rombongannya bersilahturahmi dengan personil Polsek Sitiung, dihadiri oleh Camat, Wali Nagari, dan tokoh masyarakat setempat. Pada pukul 12.00 WIB rombongan melanjutkan kunjungan ke Polsek Pulau Punjung, hal ini bertujuan untuk bersilahturahmi dengan personil Polsek Pulau Punjung, Forkopimcam Pulau Punjung, Danramil 03 Pulau Punjung, Bhabisan Koramil 03 Pulau Punjung, Wali Nagari Se-kecamatan Pulau Punjung, Wali Nagari Empat Koto, dan Kepala Puskesmas Sungai Dareh.

banner 325x300

Dalam kunjungan ini, Kapolres Dharmasraya yang baru menjabat, fokus pada pemeriksaan situasi daerah dan menjaga Harkamtibmas wilayah hukum Polsek masing-masing. Kapolsek memberikan laporan detail tentang situasi dan kondisi wilayah masing-masing Polsek, sementara Ketua Bhayangkari Cabang Dharmasraya Ibu Riyana Bagus Ikhwan, melakukan peninjauan administrasi Bhayangkari untuk memastikan keteraturan sesuai aturan kegiatan Bhayangkari.

Dalam sambutannya, Kapolres Bagus Ikhwan menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang turut hadir. Pada acara silaturahmi ini, Kapolres membagi masyarakat menjadi dua kategori, yaitu masyarakat internal (personil Polri) dan masyarakat eksternal (masyarakat), yang semuanya berhak mendapatkan pelayanan. Kapolres juga menekankan pentingnya komunikasi dan koordinasi dengan tokoh masyarakat dan aparatur lainnya untuk menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Dharmasraya.

Terkait penanganan kasus oleh pihak kepolisian, Kapolres menekankan pendekatan secara Restorative Justice, sebuah penyelesaian perkara yang diatur dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 08 Tahun 2021. Kapolres menjelaskan bahwa sebuah kasus tidak selalu harus sampai pengadilan, melainkan bisa diselesaikan dengan saling memaafkan atau melalui kesepakatan antara pihak pelapor dan terlapor dengan melibatkan tokoh atau aparatur lainnya seperti wali nagari atau camat.

Menanggapi Pemilu 2024, Polres Dharmasraya telah mengatur penerapan pola pengamanan sesuai petunjuk pimpinan Polri. Polres menempatkan pengamanan di setiap TPS dengan membagi menjadi kategori rawan dan kurang rawan. Kapolres meminta dukungan aparatur Nagari dan kecamatan dalam menjaga keamanan selama pemilu.

Selain itu, Kapolres menekankan pentingnya solidaritas di antara personil jajaran polres dan polsek, serta meminta agar masalah internal diselesaikan secara internal tanpa disebarluaskan. Camat dan wali nagari diingatkan untuk tetap netral dalam Pemilu, dan personil polres diingatkan agar tidak terpengaruh oleh berita yang dapat memecah belah masyarakat.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Kapolres meminta agar personil polres meningkatkan kegiatan rutin dan melaporkan hasil pelaksanaannya. Kapolres Dharmasraya mengakhiri sambutannya dengan menegaskan komitmen pada moto program kerjanya yang menekankan Profesionalisme, Akuntabilitas, Sopan, Tegas dan Inisiatif (PASTI)

Kapolres juga memberikan apresiasi kepada Babinkamtibmas dan Babinsa atas sinergi dalam menjaga Kamtibmas di nagari. Dia berpesan kepada seluruh personil Polri, TNI, dan aparatur daerah, termasuk walinagari, untuk bersinergi menjaga keamanan dan mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024. Perwakilan walinagari dan tokoh masyarakat menyampaikan terima kasih atas undangan, mengapresiasi dukungan Polri dan TNI, serta menegaskan kesiapan nagari dan kecamatan dalam mendukung pemilu dan menjaga Kamtibmas.@ajie