oleh

Jelang Nataru 2022, Masuk Bandar Lampung, Wajib Menunjukan Sertifikat Vaksin

LAMPUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung akan memperketat pengawasan di perbatasan jelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Pemkot berencana memberlakukan kembali lima titik posko di wilayah perbatasan.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, posko perbatasan itu difungsikan kembali dalam rangka mencegah munculnya klaster penularan covid-19 pada akhir tahun. Setiap pelintas dari luar kota yang ingin masuk wajib menunjukan sertifikat vaksin.

Posko perbatasan mulai disiapkan, rencananya tetap di lima titik. Siapa saja yang melintas atau masuk ke wilayah Kota Bandar Lampung, terutama berasal dari luar Lampung akan diperiksa terlebih dahulu,” ujarnya, Rabu, 24 November 2021.

Setiap kendaraan yang berasal dari luar Lampung akan diprioritaskan untuk diperiksa. Mereka harus bisa menunjukkan surat atau sertifikat vaksin.

” Syarat melintas harus sudah divaksin, nanti di posko juga akan disiapkan rapid test antigen serta PCR, ini agar Kota Bandar Lampung tidak terjadi klaster baru,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandar Lampung, Ahmad Nurizki Erwandi mengatakan, Pemkot bersama dengan unsur kepolisian dan TNI telah merencanakan posko perbatasan.

“Kegiatan masih hampir sama seperti tahun lalu, syarat melintas harus ada bukti rapid antigen atau PCR, tapi kami sudah menyediakan di posko, kemudian juga ada tambahan syarat yaitu bukti vaksin dosis satu dan dua,” katanya.

Ia menerangkan, kendaraan dari luar Lampung yang akan menjadi sasaran utama pemeriksaan adalah bus, kendaraan pribadi, truk, dan bahkan kendaraan ekspedisi.

Posko yang telah disiapkan antara lain di Jalan ZA Pagaralam, di depan Tugu Raden Intan, Kecamatan Rajabasa. Sementara empat posko lainnya masih menunggu koordinasi lebih lanjut dari TNI dan Polri.

TZ/mi

Komentar

News Feed