Nasional

Jelang Mudik Lebaran, Polres Lampung Tengah Gelar Rakor Lintas Sektoral

×

Jelang Mudik Lebaran, Polres Lampung Tengah Gelar Rakor Lintas Sektoral

Share this article

LAMPUNG – Jajaran Polres Lampung Tengah Polda Lampung menggelar rapat kordinasi (Rakor) lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan Idul Fitri 1445 H / 2024 M untuk memastikan pelaksanaan arus mudik dan balik berjalan aman dan lancar. Selasa (26/3/24) pagi.

Kegiatan Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M dengan didampingi Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad dan Dandim 0411/KM yang diwakili oleh Pabung Mayor Inf. Agus Waluyo, bertempat di Aula Atmani Wedhana Mapolres setempat.

banner 325x300

Turut hadir dalam kegiatan Rakor yakni Wakapolres Lampung Tengah Kompol Poeloeng Arsa Sidanu, S.I.K., M.M, Kabag Ops, para Kasat, Kasi dan Perwira, jajaran Forkopimda, FKUB, pihak Tol Terpeka dan Tol Bakter serta seluruh tamu undangan lainnya.

Kapolres Lampung Tengah dalam sambutannya menyampaikan terkait arahan Kapolri pada giat Rakor Lintas Sektoral Tingkat Pusat bahwa prediksi mudik lebaran pada tahun ini, mengalami peningkatan sebesar 56 persen dibandingkan tahun 2023.

Untuk itu, tujuan pelaksanaan Rakor ini kata Kapolres, adalah untuk menyamakan persepsi, bekerja sama, dan terintegrasi, sehingga pada pelaksanaan pengamanan menjelang arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H / 2024 M nanti, dapat berjalan dengan aman, nyaman, lancar dan kondusif.

“Operasi dengan sandi Ketupat atau operasi kemanusiaan ini bukan hanya menjadi kewajiban TNI dan Polri saja, namun menjadi tanggung jawab semua pihak, baik Pemda dan elemen masyarakat, untuk bersama-sama memberikan rasa aman, nyaman, kepada para pemudik yang melintas di Kabupaten Lampung Tengah,” ujarnya.

“Saya berharap tahun ini, sinergitas dan komunikasi yang sudah terjalin sangat baik dengan seluruh stakeholder terkait dapat dipertahankan guna menjamin keamanan, keselamatan dan kelancaran masyarakat, khususnya kepada para pemudik yang akan melintasi Kabupaten Lampung Tengah,” imbuhnya.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan paparan oleh Kabag Ops Polres Lampung Tengah, Kompol H.D Pandiangan, S.H., M.H dan Kasat Lantas Iptu Wahyu Dwi Kristanto terkait kesiapan pengamanan Idul Fitri 1445 H / 2024 M, diwilkum Polres Lampung Tengah.

Usai pelaksanaan Rakor tersebut, kepada awak media Kapolres dengan didampingi Bupati dan stakeholder terkait mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan strategi untuk memastikan arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 H berjalan aman, nyaman dan lancar. Strategi tersebut diantaranya adalah menyiapkan rekayasa lalulintas.

“Tentu untuk mudik kali ini, kita siapkan strategi terkait dengan rekayasa lalulintas yang akan dilaksanakan, termasuk sebelumnya didahului dengan survey jalur, untuk mengetahui titik mana saja yang harus diperbaiki karena terjadi kerusakan maupun jalur yang perlu ditambah dengan tanda atau marka jalan. Termasuk juga wilayah yang selama ini menjadi rawan kemacetan dan kecelakaan,” kata Kapolres kepada awak media.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan, dalam kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun ini Polres Lampung Tengah sendiri akan menyiapkan 9 Pos yang terdiri dari 1 Pos Pelayanan dan 8 Pos Pengamanan.

Adapun titik lokasi pos-pos tersebut yakni Pos Pelayanan Bandar Jaya, kemudian 8 Pos Pengamanan berada di simpang pasar Wates, simpang Terbanggi Besar, simpang Tugu Pepadun, Jalintim KM 246 Bandar Mataram, Rest Area Tol Trans Sumatera KM 116 A dan 116 B, Rest Area KM 163 A Gunung Batin, dan Rest Area KM 172 A Gunung Batin, Terusan Nunyai, Lampun Tengah.

“Pos-pos tersebut nantinya akan diisi oleh personel gabungan dari TNI-Polri dan pihak terkait yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2024,” demikian pungkasnya. (Pon)