Nasional

Jelang Lebaran, Kapolres Purwakarta Gelar Rakor Lintas Sektoral

×

Jelang Lebaran, Kapolres Purwakarta Gelar Rakor Lintas Sektoral

Share this article

PURWAKARTA – Terkait kesiapan menghadapi Idul Fitri 1445 Hijriah/ 2024 Masehi, Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta menggelar Rapat Koordinasi lintas sektoral, yang digelar di Aula Tatag Trawang Tungga, Polres Purwakarta, Senin (01/04/2024).

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain memimpin langsung kegiatan Rakor tersebut, yang juga dihadiri oleh Sekda Purwakarta H. Norman Nugraha, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Purwakarta DR. H. Hanif Hanafi, para Kepala OPD, unsur TNI dari Kodim 0619/Purwakarta, para Stakeholder, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat.

banner 325x300

Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, Rakor ini bertujuan untuk menyelaraskan langkah-langkah strategis dan antisipasi yang diperlukan dalam rangka mengamankan perayaan Idul Fitri dengan berbagai langkah strategis dan antisipasinya.

“Rakor membahas berbagai aspek terkait kesiapan pengamanan, kesiapan dan ketersediaan sembako, arus mudik, perkiraan cuaca termasuk pemetaan potensi kerawanan, strategi pengamanan, serta penempatan personel. Dengan harapan Hari Raya Idul Fitri dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai,” terang Edwar.

Kapolres menambahkan, pentingnya kerja sama lintas sektoral dalam menjaga keamanan terutama dalam momen perayaan hari besar keagamaan seperti hari raya Idul Fitri dan lain-lain.

“Tentunya dengan koordinasi yang baik antarinstansi akan menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga ketertiban dan keamanan,” jelasnya.

Selain itu, kata Edwar, Rakor hari ini juga dimaksudkan untuk menyamakan persepsi antara Pemerintah Daerah, TNI, Polri, maupun instansi terkait, sehingga terjadi keterpaduan gerak langkah di lapangan dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat.

“Melalui Rakor ini diharapkan dapat sekaligus para instansi terkait dapat menyampaikan kesiapan-kesiapannya. Sehingga diharapkan apa yang menjadi kendala dan hambatan akan dapat teratasi,” paparnya.

Sementara, Sekda Purwakarta, H Norman Nugraha mengatakan,
Rakor lintas sektoral ini merupakan sinergitas dan tanggung jawab bersama untuk memastikan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dapat berlangsung dengan aman, lancar, tertib, dan damai.

“Kita harus mempersiapkan dari aspek keamanan, kenyamanan dan kelancaran bagi pemudik, kemudian aspek kebutuhan infrastruktur untuk beberapa jalur yang dilalui oleh pemudik dan sarpras utk pelaksanaan pengamanan mudik dan dari aspek bagaimana kita memastikan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat,” ujar Norman.