Jalur Penyelundupan Senjata Api dan Amunisi ke Papua Terungkap

MEDIA POLRI – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menjelaskan sejumlah jalur penyelundupan senjata api serta amunisi ke tanah Papua.

Menurutnya, beberapa wilayah rawan itu antara lain, Boven Digoel, Keerom, sampai Nabire.

“Kalau di daerah Selatan-Utara ini kan mulai dari Boven Digoel, Keerom masuk Kota Jayapura. Ini kan harus kita jaga rapat di perbatasannya,” ujarnya, Selasa (24/1/2023).

“Sedangkan kalau di sisi Utara, ini kan ada Nabire, kenapa Nabire? Ini kan masuknya dari Manokwari dan Sorong,” sambungnya.

Di kesempatan yang sama, Mathius pun menginstruksikan jajarannya untuk melakukan pengawasan ketat terhadap titik-titik itu.

“Ini saya udah minta ke semua Polres yang terkait tadi ada empat, Nabire, Kota Jayapura, Pegunungan Bintang, dan Boven Digoel untuk melakukan langkah cepat, penanganan ekstra,” paparnya.

Mathius juga siap menindak tegas jajarannya agar jangan bertransaksi amunisi dengan kelompok bersenjata.

“Tentu bagi anggota TNI/Polri khususnya untuk Polri kita akan mengambil langkah tegas terhadap tindakan mereka yang masih coba-coba terhadap amunisi,” jelasnya.

Masih dari keterangan Mathius, pihaknya siap membongkar jaringan dua warga sipil yang ditangkap dengan membawa empat senjata api dan 18 amunisi pada Kamis (19/1/2023).

Komentar