NasionalPOLRI

Jadi Tokoh Perlindungan dan Pengayoman Masyarakat, Kapolres Jepara Raih Penghargaan Detikjateng-Jogja Awards 2024

0
×

Jadi Tokoh Perlindungan dan Pengayoman Masyarakat, Kapolres Jepara Raih Penghargaan Detikjateng-Jogja Awards 2024

Share this article
Oplus_131072

POLRES JEPARA – Kalimat pepatah bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha, itu benar-benar dialami oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan. Pasalnya, Kapolres berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan menyabet penghargaan dari ‘detikjateng-jogja Awards 2024’.

Penghargaan diterima AKBP Wahyu di Pandanaran Grand Ballroom Padma Hotel, Semarang, pada hari Selasa (30/4/2024). Abituren Akpol 2003 mendapat penghargaan Anugerah Figur Akselerator Pembangunan kategori ‘Inovator Perlindungan dan Pengayoman Masyarakat’.

banner 325x300

Itu artinya selama memimpin di wilayah hukum Polres Jepara, pria kelahiran Boyolali pada 1982 silam tersebut dinilai mampu menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang, berprestasi dan menunjukkan dedikasi besarnya terhadap kemajuan daerah. Termasuk mampu memimpin secara profesional menaikkan derajat ataupun marwah Polri dan memberikan perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat.

“Saya mempersembahkan penghargaan ini kepada seluruh personel Polres Jepara dan Polsek jajaran Polres Jepara. Sebab, tanpa dukungan dan kerja sama yang solid dari rekan-rekan dan semua anggota saya yang hebat, saya belum tentu mampu menerima penghargaan ini,” ujar AKBP Wahyu saat ditemui usai kegiatan penyerahan penghargaan, Selasa (30/4/2024).

Kapolres Jepara mengaku penghargaan yang diraih juga tak terlepas dari peran Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. Khususnya dalam bimbingan dan arahannya sehingga dirinya dan seluruh jajaran Polda Jateng dapat terus memberi pelayanan yang terbaik.

“Dengan adanya capaian ini tidak lantas menjadikan berpuas diri. Namun, diharapkan dapat terus meningkatkan pelayanan dan memberikan perlindungan serta pengayoman kepada masyarakat, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Polri semakin dan terus membaik,” tambahnya.

Manager Regional detik.com Triono Wahyu Sudibyo menilai AKBP Wahyu sangat layak menerima penghargaan tersebut. Sebab, ia memiliki banyak prestasi menonjol, terutama dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya adalah program layanan ‘Siraju’ atau ‘Polisi Jepara Juara’ hingga pembentukan Tim Patroli Presisi Siraju Polres Jepara.

Program ini memanfaatkan aplikasi pesan online untuk lebih cepat merespons kebutuhan dan aduan masyarakat. AKBP Wahyu juga dikenal cepat dalam mengatasi problem keamanan di tempatnya bertugas.

Tak hanya di lingkup keamanan masyarakat, Kapolres Jepara juga menunjukkan dedikasi tinggi selaku pelayan publik, termasuk keterlibatannya dalam penanganan bencana, hingga turut dalam upaya menstabilkan harga sembako di daerahnya.

“Hasil riset kami baik dari beragam portal media, komentar dan pelayanan hingga turun langsung ke lapangan. Alhamdulillah tidak menemukan cacat kepimpinan, Kapolres Jepara memang layak menerima penghargaan dengan kategori anugerah figur akselerator pembangunan, selamat Pak Kapolres Jepara, teruslah berinovasi untuk Polri dan untuk masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Diketahui, Lebih dari 20 institusi, entitas bisnis, tokoh teladan, hingga komunitas mendapatkan penghargaan dalam ajang detikjateng-jogja Awards 2024.

Para peraih penghargaan bertajuk detikjateng-jogja Awards 2024 tersebut telah melewati serangkaian proses panjang penilaian dari Tim Asesmen.

Penilaian itu dilakukan oleh Tim Asesmen atas karya nyata yang menunjukkan sifat inspiratif, inovatif, kreatif serta berbagai prestasi yang berdampak positif terhadap masyarakat di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dimana dalam penghargaan tersebut terbagi atas 6 kluster, meliputi :

1. Anugerah Inovasi Program Pembangunan Terpuji

Penghargaan ini diberikan kepada institusi di pemerintah daerah yang melakukan terobosan berarti dalam upaya pencapaian target di bidangnya. Terobosan itu berupa program maupun strategi tata laksana yang menunjukkan dampak positif kepada masyarakat.

2. Anugerah Program Ekonomi Terpuji

Apresiasi khusus bagi program-program institusi/instansi/lembaga yang mengarah kepada perbaikan roda ekonomi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

3. Anugerah Program Bisnis Terpuji

Diberikan kepada entitas usaha/bisnis yang berkontribusi pada percepatan pembangunan daerah.

4. Anugerah Figur Akselerator Pembangunan

Penghargaan dialamatkan kepada individu-individu berprestasi dan menunjukkan dedikasi besarnya terhadap kemajuan daerah.

5. Anugerah Komunitas Penggerak Terdepan

Diberikan kepada kelompok masyarakat yang mendedikasikan organisasinya untuk perbaikan kualitas hidup masyarakat.

6. Anugerah Adiluhung

Penghargaan khusus kepada figur teladan yang telah paripurna mendarmabaktikan hidupnya bagi negara.@red