Nasional

Jadi Irup, Dandim 1619 Tabanan PeringatiHari Kesaktian Pancasila

×

Jadi Irup, Dandim 1619 Tabanan PeringatiHari Kesaktian Pancasila

Share this article

TABANAN – Memperingati hari kesaktian Pancasila yang setiap tahun diperingati pada tanggal 1 Oktober, di kabupaten Tabanan pada tahun 2023 ini peringatannya dilaksanakan di Taman Bung Karno – Tabanan. Peringatan dilaksanakan dengan melakukan upacara dan bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 1619 Tabanan.

Letkol Inf Riza Taufiq Hasan, S.I.P., Hadir dalam upacara tersebut Forkompinda Kabupaten Tabanan, Dan Rindam IX / Udayana, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan , para asisten Pemda Tabanan dan pejabat teras lainnya serta Perwira TNI – POLRI. Upacara diikuti oleh Ton Korsik, Ton TNI – POLRI, Satpol PP, Dishub dan ASN Pemkab Tabanan.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 sebagaimana di lansir Kemendikbudristek, adalah untuk mengenang dan menghormati para pahlawan revolusi yang gugur akibat kekejaman partai komunis Indonesia yang dikenal dengan
G.30 S/PKI. Pancasila telah mengalami berbagai rongrongan dari kelompok kelompok tertentu , Pancasila telah teruji mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang beraneka ragam terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa dan ras serta agama, namun tetap Satu dalam kebhinekaan menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk tema yang diusung dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 adalah “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju”. Hal dimaksudkan untuk mengingatkan masyarakat tentang ideologi Pancasila sebagai pondasi kehidupan bangsa yang tidak dapat digantikan dengan ideologi lainnya. Pancasila merupakan falsafah bangsa Indonesia, sebagai fundamental sendi sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam upacara tersebut juga dibacakan naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila.

Sementara Dandim 1619 Tabanan selesai upacara mengatakan bahwa “apa yang menjadi masa lalu dari Bangsa ini yang tidak baik, mari kita bersama sama berdoa semoga kedepannya Bangsa kita semakin maju dan terhindar dari hal-hal yang bersifat negatif. Sebagai pengemban Fungsi bidang keamanan teritorial saya menghimbau kepada seluruh generasi muda untuk tetap teguh berpegang pada Pancasila sebagai satu satunya asas yang menjadi ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jangan mudah terpengaruh adanya ideologi lain selain Pancasila”. Kata Letkol Inf Riza Taufiq Hasan, S.I.P.@red