oleh

Irjen Pol Dr Agung Makbul Berikan Apresiasi Kepada Kab Halmahera Barat Dijadikan Pilot Project Model Kota Tampa Pungli

MALUKU – Staf Ahli Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia Irjen Pol. Dr. Agung Makbul, Drs. S.H. M.H. Menyampaikan Satgas Saber Pungli mempunyai tugas melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja, dan sarana prasarana, baik yang berada di Kementerian/ Lembaga maupun Pemerintah Daerah. Satgas Saber Pungli menyelenggarakan fungsi intelijen, penindakan, yustisi, dan pencegahan. Kamis, (19/11/2020).

Sebagai wujud dari terlaksananya upaya pemberantasan praktik pungli yaitu diharapkan setiap Kabupaten/ Kota akan bersih dari Pungli.

Dalam menetapkan calon Kabupaten/Kota yang dikategorikan sebagai Model Kota Tanpa Pungli adalah adanya instansi yang telah mendapat predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB).

Predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) minimal telah memenuhi unsur-unsur sebagai berikut: Penilaian atas prestasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) minimal bernilai cukup (C).

Pencapaian hasil opini dari BPK RI minimal dua tahun sebelumnya mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Memiliki komitmen dari Pimpinan Pemerintahan Kabupaten/Kota dalam mendukung tercapainya kabupaten/kota sebagai daerah bebas pungli.

Menko Polhukam Mahfud MD sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada Kabupaten Halmahera Barat yang dijadikan sebagai Pilot Project untuk Model Kota Tanpa Pungli, dengan dicanangkannya Model Kota Tanpa Pungli diharapkan dapat mewujudkan Indonesia bersih dari pungli sehingga tercipta keamanan dan ketertiban didalam masyarakat, tumbuhnya kesadaran dan pemahaman kepada masyarakat luas untuk bersama-sama mencegah pungli, serta dengan tidak adanya pungli diharapkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) meningkat, pelayanan publik lebih baik sehingga kesejahteraan masyarakat juga meningkat.

Staf Ahli Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan keamanan Republik Indonesia Irjen Pol. Dr. Agung Makbul Drs. S.H. M.H, mengucapkan selamat dan semoga sukses kepada Kabupaten Halmahera Barat sebagai Pilot Project Model Kota Tanpa Pungli.

” Saya mengharapkan Kabupaten Halmahera Barat dapat menjadi contoh bagi Kabupaten/ Kota lainnya untuk juga bisa bersih dari praktik Pungli ,”Pungkasnya@Red.

Komentar

News Feed