oleh

Ini Kendala yang Dihadapi Lapas Ketapang, Akibat Over Kapasitas

KETAPANG, Mediapolri.id – Ada sejumlah kendala yang dihadapi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Ketapang, dalam mengatasi penghuni yang over kapasitas.

Kepala Kalapas Kabupaten Ketapang Isnawan mengatakan, satu regu yang terdiri dari enam orang selama ini harus mengawasi 718 orang lebih warga binaan pemasyarakatan (WBP), sehingga jumlah ini tentu sangat kekurangan sekali.

“Jumlah tersebut sangat kekurangan sekali, ini yang jadi persoalan kami,” kata Isnawan saat di Lapas Ketapang , Kamis ( 27/2/2020 ).

Apalagi, menurut Isnawan , jika ada petugas yang sedang cuti, Kasi bahkan dirinya harus turun secara langsung ikut melakukan pengawasan berjaga seperti halnya petugas regu.

Namun demikian, untuk penambahan petugas Lapas itu kewenangananya ada di pusat, melalui sistem yang telah diprogramkan. Akan tetapi untuk menghindari sesuatu dan lain hal mereka selalu mengedepankan ibadah.

“Dengan pendekatan dan melatih keterampilan juga dilatih berkebun seperti berkebun cabek serta dengan ibadah inilah sehingga selama ini bisa kita atasi,” kata Isnawan.

Kapasitan Lapas Kelas IIB Ketapang sebanyak 250 orang, namun sampai saat ini mencapai 718 lebih WBP. Bahkan satu blok mencapai 130 – 140 orang dari 5 blok Lapas Ketapang * ( Abdul Maid ,)

Komentar

News Feed