oleh

HUT RI ke 75, Kemenkum HAM Merdeka kan 119.175 Narapidana

Jakarta, MEDIAPOLRI – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) memberikan remisi umum kepada 119.175 narapidana (napi) dan warga binaan usia anak-anak. Pemberian remisi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI.

“Kepada seluruh narapidana dan anak yang mendapatkan remisi, khususnya yang langsung bebas pada hari ini, saya mengucapkan selamat,” kata Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna H Laoly dalam keterangan tertulis, Senin, 17 Agustus 2020.

Yasonna memerinci 117.737 orang penerima pengurangan masa hukuman atau RU I bervariasi. Mulai dari satu hingga enam bulan. Sedangkan 1.438 napi dinyatakan bebas.

Yasonna menyebut pemberian remisi tak lepas dari reintegrasi sosial sebagai filosofi pemasyarakatan. Setiap pelaku kejahatan yang merugikan masyarakat perlu diberikan kesempatan untuk menebus kesalahan dan kerugian yang diakibatkannya.

“Melalui remisi juga diharapkan dapat mempercepat proses kembalinya narapidana dana anak dalam kehidupan bermasyarakat,” ucap Yasonna.@mi

Komentar

News Feed