oleh

Gubernur Kaltim Apresiasi Kinerja Polda Kaltim

BALIKPAPANRatusan personel TNI, Polri, BNPB dan Basarnas dan segenap jajaran dan sejumlah relawan kebencanaan mengikuti pelaksanaan Apel Konsolidasi dalam rangka kesiapsiagaan dan antisipasi bencana alam di Prov. Kaltim di Lapangan SPN Balikpapan.

Gubernur Kaltim Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si., memimpin kegiatan Apel Konsolidasi dalam rangka kesiapsiagaan dan antisipasi bencana alam di Prov. Kaltim. Gubernur yang di dampingi Kapolda Kaltim bersama Pangdam VI / MLW mengatakan yang patut kita waspadai hampir semua bencana potensinya ada di Provinisi Kalimantan Timur.

“Apalagi BMKG mengingatkan terkait musim La Nina (Cuaca yang Extream) yang bisa menyebabkan panas tidak diperkirakan dan juga udara yang tidak bisa tertampung yang dapat menyebabkan kebakaran, tanah longsor, angin puting beliung, walaupun di wilayah Kaltim boleh dikatakan relatif aman dari gempa bumi. ” ujar Gubernur, Jumat, (20/11/2020).

Lanjutnya, untuk mengantisipasi kebakaran di wilayah Kaltim, saat ini pihak Polda Kaltim sudah memilik sistem Lancang Kuning untuk memonitoring dan mitigasi. Dari pemerintah Kaltim sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh Kapolda.

Sementara itu, Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Herry Rudolf Nahak, M.Si., memberi perintah dari Mabes Polri tidak ada ijin untuk keramaian karena itu sangat menyebabkan covid. Hal tersebut sudah kami koordinasi dengan Pak Gubernur dan Pangdam dan seluruh kepala daerah di Kaltim. Mengingat Menteri Dalam Negeri juga sudah mengintruksikan kepada seluruh kepala daerah, jadi hal ini menjadi baru dan harus kita taati bersama.

Kapolda Kaltim juga menambahkan bahwa, bagi yang melanggar protokol kesehatan akan dikenakan sanksi sesuai peraturan daerah dan bisa di kenakan pidana. Ada pasal nya, KUHP, UU wabah penyakit dan UU tentang karantina, itu lah kenyataan.

“Untuk kegiatan yang bersifat berkerumun, kami akan bertindak tegas untuk membubarkan kegiatan tersebut. Saya sudah meminta restu dengan pak Gubernur dan pak Pangdam untuk mendukungnya, akan membubarkan kegiatan yang sesuai dengan massa karena jelas ada aturannya, ”tutup Kapolda Kaltim.@Red

Komentar

News Feed