POLRI

Edukasi Bahaya Merokok oleh Tim KKN Unila kepada Siswa MIN 4 Sri Tunggal

0
×

Edukasi Bahaya Merokok oleh Tim KKN Unila kepada Siswa MIN 4 Sri Tunggal

Share this article

Tim KKN Unila Kampung Sri Tunggal, Kecamatan Buay Bahuga,Way Kanan memberikan edukasi bahaya merokok kepada anak-anak MIN 4 Sri Tunggal, Senin, 5 Februari 2024.

banner 325x300

Kegiatan ini diikuti oleh siswa siswi kelas 5 yang berjumlah 35 anak.

Menurut data BPS, Lampung memiliki persentase perokok 34,08% yang menduduki posisi pertama tingkat sebaran perokok di Indonesia. Hal ini yang melatarbelakangi tim KKN Unila memberikan edukasi bahaya merokok kepada anak-anak. Merokok juga memberikan dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh manusia. Maka dari itu perlu adanya edukasi terkait hal ini.

Branden Jaya Tivantara selaku kordes Tim KKN sekaligus narasumber pada kegiatan ini beranggapan bahwa anak-anak SD/MI sederajat harus lebih dahulu dilakukan edukasi bahaya merokok karena harus ada pencegahan sejak dini.

Materi edukasi ini berupa pemaparan bahaya merokok seperti zat terkandung, dampak bagi kesehatan, dan tentunya pengetahuan mengenai dampak perokok aktif dan perokok pasif.

Branden menuturkan “Edukasi merokok ini menjadi sangat penting bagi anak-anak untuk melakukan tindakan preventif guna menjaga anak-anak agar terhindar dari akses untuk merokok. Tentunya saya menekankan bahwa siswa-siswa juga harus tahu, merokok tidak hanya bahaya bagi diri sendiri namun juga bahaya bagi orang lain/perokok pasif”

Tim KKN Unila berharap kegiatan ini memiliki dampak baik berupa pengetahuan dan internalisasi bagi anak-anak untuk menjauhi rokok.

“Saya mewakili tim KKN Unila Sri Tunggal berterimakasih kepada pihak sekolah MIN 4 Sri Tunggal karena sudah memberikan kami kesempatan untuk menyampaikan urgensi bahaya merokok ini” ujar Branden.Tim KKN berterimakasih kepada pihak MIN karena sudah memberikan ruang bagi tim untuk memberikan materi di MIN 4 Sri Tunggal.
Petrus Sumarno