oleh

D’oa Bersama Warga Desa Sumberklampok Gerokgak Buleleng Memperingati dan Memohon Tanah Negara

SINGARAJA – Kabag Ops Polres Buleleng Kompol A.A Wiranata Kusuma, S.H. M.M Menghadiri Berlangsung Kegiatan Do’a Bersama Warga Masyarakat Pura Perjuangan, Desa Sumberklampok, Kec Gerokgak, Buleleng, dengan Ketua Panitia Gede Yastawan. Sabtu, (07/11/20).

Tujuan kegiatan Dalam rangka memperingati perjuangan warga Desa Sumberklampok kepada pemerintah untuk memperoleh sertifikat atas tanah yang telah kita tempati dan digarap secara turun menurun sejak tahun 1922.

Adapun yang hadir, Kapolres Buleleng AKBP I Made Sinar Subawa, S.I.K. M.H di Wakili Kabag Ops Kompol A.A Wiranata Kusuma, S.H. M.M. Ketua DPRD Provinsi Bali I Nym Adi Wiryatama S.Sos. Msi, Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra, Anggota DPRD Provinsi Ketut Rohineng, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana MM, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG, Kasdim Buleleng Mayor infantri I Gede Merta Santosa A.Md, Kapolsek Gerokgak Kompol Made Widana S.H, Danramil Gerokgak Kapten Infantri Made Subur Gunung Mas, Perbekel Ds Sumberklampok Wayan Suwitrayasa, Tokoh Masyarakat Muhammad Jatim, Ketua Tim 9 Putu Ariana, Anggota DPRD Kab Buleleng Ngurah Arya, Tokoh masyarakat a.n Made Indrawati dan Warga Sumberklampok 300 orang “terangnya.

Persembahyangan di Pura Perjuangan untuk Umat Islam dipimpin Ustadz Muttaba dan Umat Hindu dpimpin Jro Mangku Kasih
Pukul 09.45 wita sambutan perbekel Sumberklampok yg pd intinya Hasil pertemuan Perbekel dan tim 9 Hari Jumat, tanggal 6 Nop 2020 dengan Gubernur Bali dan Kepala BPN akan membuat kesepekatan bersama menyelesaikan hak seluruh masyarakat Sumberklampok.

Sebelum ada HGU masyarakat Desa Sumberklampok sejak tahun 1922 sudah ada, sehingga masyarakat yang lebih berhak atas tanah yang ada di Sunberklampok. Semoga tahun depan kita akan mendapatkan sertifikat hak milik untuk seluruh warga masyarakat Desa Sumberklampok.

Sambutan Sekda Provinsi Bali mewakili Gubernur Bali yang pada intinya Tim 9 yang di bentuk oleh warga Desa Sumberklampok telah beberapa kali membahas kepentingan masalah tanah Desa Sumberklampok bersama Guberbur Bali. Pemerintah pusat akan membangun Bandara di Bali Utara, pembangunan mempertimbangkan segala hal dari segi perkembangan perekonomian Bali utara, maka Bandara akan di Bangun di Desa Sumberklampok

Kabag Ops Polres Buleleng Kompol A.A Wiranata Kusuma, S.H. M.M mengatakan bahwa Karena tanah saat ini di tempati oleh warga Sumberklampok dan telah terbentuk tim 9, melalui tim 9 tugas Pemerintah akan mendengarkan apa yang menjadi asfirasi warga Sumberklampok. Telah beberapa kali di laksanakanakan perundingan dengan tim 9 sembilan, rapat kemarin pada Hari Jumat, tanggal 6 Nop 2020 dengan Gubernur Bali, Ketua DPRD Bali serta Bupati Buleleng di Denpasar sudah menemui titik temu. Kehadiran Pemerintah Daerah saat ini menyampaian pesan bahwa ini adalah urusan yang serius, kehadiran ini bisa menemukan kepentingan masing-masing “Tandasnya.

Warga Masyarakat Sumberklampok punya kepentingan demikian juga pemerintah punya kepentingan jangka panjang untuk pembangunan Bandara mau tidak mau masyarkat akan di gusur karena perlu lahan yang cukup luas.
Adanya dua kepentingan yang berlawanan sehingga kita perlu bertemu, kalau semua bertahan pada posisi masing-masing, kapan Buleleng bisa maju. Dengan adanya saling memberi dan mengambil pemerintah memperhatikan hak warga, sehingga tidak ada istilah saling mengunci “terangnya.

Dari luas 612 Hektar saat ini seluas 65,5 hektar di tempati warga, fasum 9,9 hektar, jalan sungai dan pangkung seluas 23.34 Hektar.
Pemerintah provinsi Bali akan memberikan ganti rugi terhadap rumah yang terkena Bandara dalam rumah yang layak. Sisa lahan 514 hektar merupakan tanah kosong akan diambil pemerintah untuk Pembangunan Bandara dan akan di bahas pada pertemuan berikutnya.

Harapan pemerintah setiap perundingan agar di wakili tim 9, hindari orang-orang atau kelompok yang memprovokasi, karena yang mengambil keputusan di Pemerintah dan DPRD. Semoga proses perundingan berikutnya berjalan dengan baik. Kegiatan berakhir pukul dengan berjalan tertib dan aman ,”Pungkasnya@ferry.

Komentar

News Feed