oleh

Ditreskrimsus Polda DIY Bongkar Modus Customer Service Bank BCA Melalui Telepon

YOGYAKARTA – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menangkap pelaku kejahatan dengan modus mengaku customer service (CS) Bank BCA. Korban penipuan merugi lebih dari Rp500 juta.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda DIY, AKBP Roberto Gomgom Manorang Pasaribu, mengatakan, seorang pelaku yang ditangkap berinisial LP, 20. Ia bersama sejumlah orang melakukan penipuan terhadap seorang pemilik rekening Bank BCA.

Sebanyak dua orang dalam pencarian, masuk DPO (daftar pencarian orang),” kata Roberto di Mapolda DIY, Jumat, 5 November 2021.

Roberto menjelaskan, kejahatan dengan modus ini bernama social engineering. Pelaku menghubungi korban dengan mengaku sebagai CS dengan dalih memberitahu adanya perubahan aplikasi mobile banking. Perubahan tersebut disertai dengan adanya biaya admin.

Dalam komunikasi lewat sambungan telepon itu, pelaku menanyakan kode on time password (OTP) aplikasi mobile banking kepada korban berinisial PW. Pelaku menghubungi korban dengan menggunakan nomor dengan kode luar negeri.

“Korban sempat tidak merespon karena sedang menemani keluarganya di rumah sakit. Karena panik, korban menuruti permintaan pelaku,” ujar Roberto.

PW merasa menjadi korban kejahatan dan uang di rekeningnya sebesar Rp510 juta hilang. PW kemudian melapor ke pihak bank dan diteruskan ke kepolisian.

Polisi kemudian melacak pelaku yang berada di kawasan Tulung Selapan, Ogan Komiring Ilir Sumatera Selatan dan ditangkap pada 28 September lalu. Polisi menyita barang bukti enam unit gawai, delapan buah kartu ATM, sebuah mobil hasil, dan sejumlah data pendukung.

“Pelaku kami kerat dengan Pasal 46 junto Pasal 30 dan/atau Pasal 48 junto Pasal 32 dan/atau Pasal 51 junto Pasal 35 ayat (1) UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, junto Pasal 55 KUHP dan/atau Pasal 3 dan/atau Pasal 4 dan/atau Pasal 5 UU Nomor 8 tentang Pencegahan dan Pemberantaran Pidana Pencucian Uang,” kata Kepala Bidang Humas Polda DIY, Kombes Yuliyanto.

Executive Vice President Center of Digital BCA, Wani Sabu meminta nasabah berhati-hati dengan modus penipuan itu. Ia mengatakan perbankan tak pernah meminta data rahasia ke nasabah.

“Bila dihubungi pihak yang merasa demikian segera lapor polisi,” kata dia.@humas

Komentar

News Feed