oleh

Disdik Kota Subulussalam, Disdik Aceh, dan Pemdes Kuala Keupeng Spakat Dirikan Gedung Sekolah Dasar Dihutan

ACEH – Tertangkap kamera, Rabu, 17/2/2021 terdapat sebuah gedung sekolah terdiri dari 3 (tiga) ruang disebuah perkampungan yang sudah ditinggal pergi oleh warganya dimasa konflik aceh beberapa tahun yang silam.

Hingga saat ini kampung lama tersebut tidak didapat satu orang warga pun yang bermukim disana, bahkan untuk menuju lokasi gedung sekolah tersebut harus menggunakan transportasi air ( perahu ).

Menurut beberapa warga tetangga perkampungan lana tersebut, gedung itu di dirikan untuk anak anak sekolah Desa Kuala Keupeng, Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam sampai saat ini tahun 2021 tidak difungsikan.

Pada dasarnya warga Desa Kuala Keupeng bermukim di Tanah Mbara terpisah jauh dari gedung sekolah yang didirikan. Terang warga.

Berdasarkan keterangan H. Irwan Yasin, SHi mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Subulussalam saat gedung sekolah itu didirikan tahun 2017 melalu Via WhatsApp 14/2/2021 mengatakan ” silahkan konfirmasi Kamsih saja, dia yang lebih tau secara teknis dan karena waktu itu Kamsih sebagai Kasubag Program Disdik “.

Irwan Yasin juga menerangkan, yang jelas permohonan pembangunan ketiga Sekolah tersebut adalah aspirasi masyarakat yang disampaikan dalam forum Musrembang Kota Subulussalam.

Karena waktu itu Masyarakat dari ketiga Desa tersebut akan pindah kembali kedesa asalnya asalkan Pemerintah membangun kembali Perumahan, Pustu, dan Sekolah.

Jadi, dari Disdik sesuai dengan Permohonan Masyarakat dalam Musrembang, kita usulkan pembangunan Sekolah. Diantaranya SDN Tualang yang srkarang sudah ditempati karena masyarakatnya sudah ada yang pindah kembali, kemudian SDN Tanah Tumbuh, dan Kuala Keupeng.

Semua itu kita lalukan atas permintaan Masyarakat, bahkan waktu itu kita adakan rapat dengan aparatur Desa Kuala Keupeng di Kantor Disdik. Mereka minta Sekolah dibangun di SD Kuala Keupeng lama dan Masyarakat berjanji akan pindah jika Pemerintah telah membangun Sekolah dan Perumahan. Imbuhnya.

Sehubungan intruksi H. Irwan Yasin, diwaktu dan tempat terpisah, 16/2/2021 melalui Via WhatsApp Kamsih mengatakan ” PPK dan PPTK nya dari Disdik Aceh. Mengenai berapa Anggaran pembangunan nya, saya tidak tau karena mereka tidak ada berkoordinasi dengan saya, silahkan tanya informadi lengkap terkait bangunan itu pada Mihardi “. Ujar Kamis singkat.

Mihardi salah seorang staff Disdik Kota Subulussalam saat ditemui awak media ini, selasa, 16/2/2021 bangunan itu didirikan tahun 2017 dari sumber dana Otsus dengan pagu Anggaran Rp. 600.000.000,- ( Enam Ratus Juta Rupiah ) berserta pengadaan Mobiler dan membenarkan PPK, PPTK, dan Pengawas nya dari Disdik Aceh.

Salah seorang perwakilan Masyarakat Kuala Keupeng yang tidak ingin ditulis namanya karena takut dengan tekanan dari desa, berharap kepada Pemerintah membangun gedung SD di Tanah Mbara tempat Masyarakat Kuala Keupeng bermukim.@Sabirin Siahaan

Komentar

News Feed