Nasional

Disdagnakerkop dan UMKM Kab. Padang Pariaman Bersama Bank Nagari Dukung Percepatan Akses Keuangan Daerah

0
×

Disdagnakerkop dan UMKM Kab. Padang Pariaman Bersama Bank Nagari Dukung Percepatan Akses Keuangan Daerah

Sebarkan artikel ini

Padang Pariaman – Pemerintah Kabupaten bersama Bank Nagari cabang Lubuk Alung bersama Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Tahun 2024 di Ruang pertemuan BLK pada Kamis (11/7), pemaparan capaian dan evaluasi dipimpin Kadisdagnakerkop Jon Kenedi.

Dalam pemaparannya, Jon Kenedy menyebutkan peningkatan literasi keuangan serta asistensi dan pendampingan. Optimalisasi produk dan layanan keuangan untuk para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten padang pariaman ini.

Salah satunya kegiatan optimalisasi produk dan layanan keuangan yang telah memenuhi target adalah program pinjaman lunak melalui KUR di Bank Nagari yang telah mencapai 80 Milyar lebih kepada pelaku UMKM.

“Kuncinya adalah kejujuran, jadi usaha nya bisa mendapatkan kridit lunak dari perbankan, karna meminjam uang di bank tidak seperti pinjam dengan teman melainkan ada aturan yang harus di laksanakan” Jelasnya.

Pada program Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Tahun 2024 kali ini diikuti 30 UMKM

“Dalam program ini kami memberikan pendampingan juga dilakukan pemberian bimbingan, motivasi dan edukasi kepada kelompok UKM yang masih perlu dorongan motivasi agar mampu menjadi pelaku usaha mandiri,” tambahnya.

Pemberi materi pada kali ini dari kepala biro kridit Bank Nagari Lubuk Alung Hafiz Afdhal Hakim mengatakan “Penyaluran kridit di tahun 2023 lalu kepada pelaku UMKM di Padang Pariaman mencapai 80 Milyar dan target nya tahun ini bisa naik di atas 10 persen dengan tingkat pengembalian kridit masih sehat” jelas Hafiz

Ia juga menyebutkan bahwa selain pinjaman lunak kita juga memberikan promosi promosi kepada masyarakat dan rekanan kita apabila ada kegiatan untuk menggunakan produk dari UMKM yang sudah menjadi nasabah Bank Nagari

Ajie