Nasional

Dinas PK Kabupaten Konawe Selenggarakan Olimpiade Sains Nasional

×

Dinas PK Kabupaten Konawe Selenggarakan Olimpiade Sains Nasional

Share this article

KONAWE – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Kabupaten Konawe mengadakan olimpiade sains nasional (OSN), disalah satu hotel di Unaaha. Sabtu(25/5/2024).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala bidang pendidikan dasar (Dikdas) dinas PK Konawe, Lalan Hendrawan, dihadiri oleh Kepala Seksi Kesiswaan, Mastian, Kepala Seksi Pengembangan Kompetensi GTK, Yono, dan Tim OSN 2024, serta para pendamping peserta OSN dari tiap-tiap sekolah.

Kabid Dikdas, Lalan Hendrawan dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan tersebut diikuti oleh peserta didik dari tingkat SD/MI sederajat, dan SMP/MTS sederajat.

“Saya cukup senang karena melihat dari pada antusias anak-anak peserta yang begitu siap, dan semangat. Serta guru-guru pendamping yang mengawal anak dalam mengikuti kegiatan ini,” ungkap Lalan Hendrawan.

Lalan sapaan akrab Kabid Dikdas mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta dari kedua jenjang, dimana tingkat SD sebanyak 100 orang, dan SMP 100 orang. Untuk 3 mata pelajaran yang di perlombakan yakni Matematika, IPA dan IPS.

Lebih lanjut Lalan menjelaskan, bahwa kegiatan ini adalah kegiatan bergengsi yang sering atau rutin dilaksanakan tiap tahun. Dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan terkait minat bakat peserta didik di bidang sains, dan juga meningkatkan rapor pendidikan khususnya pada capaian Numerasi.

Disamping itu terang Lalan, kegiatan ini bisa menanamkan kecintaan serta perasaan menyenangkan kepada anak-anak peserta didik, khususnya untuk mata pelajaran di bidang sains seperti Matematika. Sekaligus untuk mengukur capaian kualitas dari pada hasil pembelajaran guru-guru di sekolah.

Ia menuturkan, bahwa beberapa minggu ke depan pihak Dinas PK Konawe akan mengadakan lagi kegiatan serupa, seperti Cerdas Cermat, dan Festival Tunas Bahasa .

“Kami juga sangat berterima kasih kepada Bapak Pj Bupati Konawe, karena telah membantu menyediakan anggaran untuk kegiatan kompetisi siswa seperti ini,” tutupnya.@Saimin.