oleh

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Monev Kecamatan GadingRejo Tahun Anggaran 2020

PRINGSEWU— Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (PMP) Kabupaten Pringsewu adakan monitoring dan evaluasi (monev) Pengelolaan Keuangan, Aset Pekon dan Transparansi Anggaran atas program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah Pekon yang menggunakan Dana Desa yang dikucurkan pemerintah pusat tahun 2020 di Kecamatan Gadingrejo, Rabu (19/8/2020).

Acara Yang di adakan di Aula kantor Camat Gadingrejo Kabupaten Pringsewu di Hadiri Oleh Kabid Pemerintahan, Pembangunan, Keuangan dan Aset Pekon Tri Haryono, S.Ip.MM. ,Tim Dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon dan Dinas PU yang Hadir Sekcam Gading Yang Mewakili Camat Gadingrejo Yuli Susapto dan Seluruh Kepala Pekon se Kec. Gadingrejo Dalam Sambutanya Kepala Bidang Dinas PMD Kabid Pemerintahan, Pembangunan, Keuangan dan Aset Pekon Tri Haryono S.Ip.MM yang Mewakil Plt kadis PMD Sugianto Mengatakan Team turun langsung dengan berbagi tugas untuk monitoring dan evaluasi (MONEV) di setiap desa atau Pekon yang ada di Kecamatan Gadingrejo .

Selain mengecek secara langsung pembangunan fisik, Monev tersebut juga mengecek tertib administrasi Pengelolaan Keuangan dan Aset Pekon yang dilaksanakan oleh aparatur Pekon .

Menurut Kabid PMD, monitoring dan evaluasi sebagai salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas PMP dan Kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan dan aset pekon agar sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

“Kita sudah lakukan peninjauan ke lokasi secara fisik dan mengecek tertib administrasi dan benar ada, bagus dan kami juga berikan saran saran ke masing masing pelaksana pengelola keuangan Pekon (PPKP) agar kedepan lebih baik menuju 100 0 100 yaitu 100% Benar dalam Perencanaan, 0% Kesalahan dalam Pelaksanaan dan 100% Benar dalam Pelaporan dan Pertanggungjawaban ” jelas Tri Haryono

Tujuan pelaksanaan monev kemasing-masing pekon terkait pelaksanaan pembangunan di pekon menggunakan dana desa, agar tidak terjadi penyimpangan dan penyalahgunaan

Monitoring ini, menurut Sekcam Gadingrejo Kuncoro , agar aparat Pekon bisa tertib dalam bidang administrasi program pembangunan yang menggunakan dana desa.

“Pelaksanaan monev di Tiap Pekon yang ada di Kecamatan Gadingrejo alhamdulillah berjalan lancar, fisiknya ada, administrasinya juga bagus dan harapanya penerapan APBPekon dalam bentuk Dana Desa ini bisa di laksanakan dengan baik, sesuai dengan apa yang di butuhkan masyarakat dan yang sudah di rencanakan” jelas Kuncoro .

Kepada Kepala Pekon , Sekcam berpesan agar memanfaatkan dan menggunakan anggaran dana desa sebaik-baiknya untuk pembangunan Pekon. Baik itu pembangunan jalan dan sumur boor serta fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat.

Lebih lanjut Sekcam Gadingrejo Kuncoro mengatakan, monitoring dan evaluasi program pembangunan yang menggunakan dana desa sesuai arahan Bupati Hi.Sujadi Bupati berpesan agar dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat kedesa-desa dalam rangka percepatan pembangunan desa berdampak positif dalam kesejahteraan masyarakat.(pon)

Komentar

News Feed