Nasional

Dihadiri Tontowi Ahmad, Turnamen Badminton Kapolres Inhil Cup Resmi Dibuka

1
×

Dihadiri Tontowi Ahmad, Turnamen Badminton Kapolres Inhil Cup Resmi Dibuka

Sebarkan artikel ini

INHIL,- Dihadiri pemain Nasional peraih Medali Emas ganda campuran Olimpiade Rio tahun 2016, Tontowi Ahmad, Turnamen Badminton Kapolres Inhil Cup tahun 2023 dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke-77 resmi dibuka.

Pembukaan turnamen bulutangkis tersebut terlaksana di Gor Tasik Gemilang, Senin (5/6) dihadiri Wakil Bupati Inhil H. Syamsudin Uti, Ketua DPRD Inhil Dr. H. Ferryandi, Kapolres AKBP Norhayat dan Ketua Bhayangkari, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Fiky Nur Kuncoro Jati, Pejabat lama Dandim Inhil Letkol Arh M. Nahruddin Roshid SE MTr (Han) Kejari Inhil, Pengadilan Negeri Tembilahan, Pengadilan Agama Tembilahan serta Ketua Koni Inhil H. Syamsurizal Awi.

Tontowi Ahmad (Mantan Atlet Bulutangkis Nasional) melaksanakan choaching klinik dengan atlet Pelatkab Inhil dan pertandingan ekhsibisi tanda dimulainya turnamen.

Kapolres Inhil AKBP Norhayat menyampaikan turnamen digelar untuk menyambut peringatan hari bhayangkara ke- 77 yang jatuh pada tanggal 1 juli 2023.

“Saya selaku Kapolres Inhil beserta jajaran berupaya membangkitkan gelora semangat olahraga kepada masyarakat, khususnya masyarakat di kabupaten Inhil Bersama dengan stakeholder yang ada serta dukungan dari berbagai sponsor,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Polres Inhil menyelenggarakan berbagai event tournament sebagai bentuk dukungan Polri terhadap perkembangan olahraga di masyarakat.

“salah satunya adalah menyelnggarakan tournament pada cabang olahraga bulutangkis,” jelasnya.

Tema HUT Bhayangkara Ke-77 adalah “Polri Presisi Untuk Negeri” – pemilu Damai Menuju Indonesia Emas. Diselenggarakannya tournament badminton Kapolres Inhil Cup 2023 ini, bertujuan membantu memajukan olahraga bulutangkis, serta merangsang munculnya bibit-bibit generasi penerus yang lebih kompetitif dan menjunjung tinggi sportivitas.

“Sehingga diharapkan akan lahir atlet-atlet bulutangkis berprestasi dan berbakat, yang bisa kita banggakan di masa depan,” harapnya.

Tournament badminton Kapolres Inhil Cup 2023 ini akan dilaksanakan selama sepekan dimulai dari tanggal 5 Juni hingga 13 Juni 2023, dengan jumlah peserta sebanyak 320 atlet dan 80 official, yang diikuti oleh atlet dari dalam Kabupaten Inhjl serta atlet dari luar Inhil.

“Ada dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat, Jambi, Kota Pekanbaru, dan Inhu. Saya juga mengapresiasi tinggi atas usaha dan kerja keras dari seluruh jajaran panitia pelaksana tournament badminton Kapolres Inhil cup 2023,” kata Kapolres

Ia berharap, melalui tournament ini dapat menelurkan bibit-bibit pemain bulutangkis yang berkualitas, khususnya dari Kabupaten Inhil untuk dapat berkompetisi dalam ajang tournament yang lebih tinggi bahkan sampai ke tingkat nasional hingga Internasional.

Total hadiah yang akan diperebutkan dalam tournament tersebut yakni sebanyak Rp.55 juta dengan rincian :
1. Kategori Tunggal Usia Dini Putra Kelahiran Tahun 2013 / Sesudahnya Se-Sumatera (SI.PBSI).
Juara I Sebesar Rp.1,100 juta
Juara II Sebesar Rp.800 ribu
Juara III dan IV bersama sebesar Rp.400 ribu

2. Kategori Tunggal Anak Anak Putra Kelahiran Tahun 2011/ Sesudahnya Se-Sumatera (SI.PBSI)
A. Juara I sebesar Rp.1,3 juta
B. Juara II sebesar Rp.1 juta.
C. Juara III dan IV bersama Rp.500 ribu

3. Kategori Ganda Dewasa Instansi / BUMN Putra Se-Kab. Inhil (Non SI.PBSI)
A. Juara I sebesar Rp.3 juta
B. Juara II sebesar Rp.2juta
C. Juara III dan IV sebesar Rp.1 juta

4. Kategori Ganda Dewasa Putra AC, BB Se-Kab. Inhil (Non SI.PBSI)
A. Juara I sebesar Rp.3 juta
B. Juara II sebesar Rp.2 juta
C. Juara III dan IV sebesar 1 juta.

5. Kategori Open Ganda Dewasa Putra (Non. SI.PBSI)
A. Juara I sebesar Rp.15 juta
B. Juara II sebesar Rp.10 juta
C. Juara III dan IV sebesar Rp.5 juta.