Nasional

Dialog Publika TVRI Kaltim, Latsitarda Nusantara XLIV 2024 Menuju Kaltim Maju & Unggul

0
×

Dialog Publika TVRI Kaltim, Latsitarda Nusantara XLIV 2024 Menuju Kaltim Maju & Unggul

Share this article

KOTA SAMARINDA — Dialog publik dalam rangka kegiatan Latsitarda Nusantara XLIV Tahun 2024 dengan tema “Latsitarda Nusantara XLIV 2024 Menuju Kaltim Maju & Unggul” di studio TVRI Kalimantan Timur Jl. Eri Suparjan Sempaja Samarinda, Kota Samarinda, Minggu (05/05/2024).

Hadir dalam dialog tersebut, DANJEN Akademi TNI Letjen TNI Rudianto, S.M., CSFA, Pangdam VI/ Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Drs. Yudawan, R., S.H., M.H, Kepala Badan Kesbangpol Kaltim/Mewakili PJ. Gubernur Kaltim, Drs. H. Sufian Agus, M.Si.

banner 325x300

Dalam sesi dialog tersebut, DANJEN Akademi TNI Letjen TNI Rudianto, S.M., CSFA mengatakan, tahun ini kita memilih wilayah di Kaltim dan jumlah 1.395 gabungan Taruna dan Taruni, kegiatan kami nanti akan berintegrasi dengan seluruh stakeholder dan juga kami mengajak mahasiswa yang ada di wilayah Kaltim untuk bisa bergabung dengan para peserta Latsitarda.

Ia juga menambahkan, materi yang akan di jalankan pada Latsitarda ialah materi fisik dimana kita akan melaksanakan kegiatan pembangunan, misalnya pembangunan rumah, jalan dan sarana-sarana yang di perlukan masyarakat, dan untuk non fisik ialah dimana para peserta Latsitarda akan memberikan saran dan inovasi terhadap  pembangunan di kalimantan timur dan juga bisa seperti penyuluhan, bisa penyuluhan tentang bahaya narkoba dan wawasan kebangsaan.

Sementara itu Pangdam VI/ Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan, Kodam VI/Mulawarman telah melakukan persiapan yang matang untuk menyambut kegiatan Latsitardanus. Sebagai bagian dari kesiapan tersebut, kami telah melaksanakan berbagai langkah strategis guna memastikan kelancaran dan kesuksesan acara ini.

Lanjut, Kami juga melakukan koordinasi yang intensif dengan berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah daerah, instansi terkait, dan unsur-unsur lainnya yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua aspek logistik, keamanan, dan keselamatan telah terkoordinasi dengan baik.

Kemudian Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Drs. Yudawan, R., S.H., M.H, dalam dialog tersebut mengatakan, Polda dan seluruh Jajarannya akan merancang dan melaksanakan rencana keamanan yang komprehensif untuk melindungi peserta, pengunjung, dan aset penting lainnya selama kegiatan berlangsung. Ini meliputi pengaturan penjagaan, patroli, dan pengamanan tempat-tempat strategis. Kita harapkan ini bisa berjalan dengan aman dan lancar, karna kita tau bahwa latsitarda ini adalah suatu integrasi kami kepada instansi Pemerintahan yang ada di Kaltim.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Kaltim dalam dialog juga menyampaikan bahwa Pemprov sangat mendukung akan kegiatan Latsitarda ini, dan kami harapkan dengan adanya Latsitarda dari Taruna dan Taruni dari berbagai matra bisa memberikan sesuatu yang positif kepada masyarakat dan bisa membaur kepada masyarakat yang menjadi tempat mereka melaksanakan Latsitarda.

Selanjutnya, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Dr. Ary Fadli, S.I.K.,M.H.,M.Si., saat diwawancarai wartawan berharap, dengan acara ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pemirsa TVRI Kalimantan Timur dan masyarakat luas mengenai Latsitarda Nusantara XLIV Tahun 2024 dengan tema “Latsitarda Nusantara XLIV 2024 Menuju Kaltim Maju & Unggul.”@red