Nasional

Danpuslatpurmar-6 Antralina Gelar Briefing Pembukaan Latihan Pratugas Satgasmar Pam Pulau Terluar XXVIII TA-2024

×

Danpuslatpurmar-6 Antralina Gelar Briefing Pembukaan Latihan Pratugas Satgasmar Pam Pulau Terluar XXVIII TA-2024

Share this article

SUKABUMI – Komandan Pusat Latihan Pertempuran (Danpuslatpurmar) 6 Antralina Mayor Marinir Ahmad Yani M.Tr.Opsla., membuka kegiatan Latihan Pratugas Satgasmar Pam Pulau Terluar XXVIII TA-2024, yang dipusatkan di Stadion Mini Pasmar 1 Cilandak, Jakarta, Rabu (22/05/2024).

Dalam amanat Dankormar yang dibacakan Danpuslatpurmar-6 Antralina menyampaikan, bahwa sesuai dengan tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Oleh karena itu, sebagai wujud nyatanya kehadiran Satgas Marinir di pulau terluar maupun perbatasan di blok Ambalat, memiliki aspek strategis sebagai kekuatan penangkal dan sebagai bukti pendudukan efektif (Effective Occupation) Indonesia yang dapat memperkuat klaim pemilikan atas batas wilayah NKRI sesuai hukum internasional,” terangnya.

Sesuai dengan tema latihan “Satgasmar Pam Pulau terluar XXVIII wilbar TA 2024, melaksanakan operasi pulau-pulau kecil terluar di wilayah NKRI terluar dalam rangka mendukung tugas pokok TNI”,

“Maka Korps Marinir memiliki tanggung jawab menjaga keamanan dan keutuhan NKRI di wilayah terluar dari klaim negara lain serta mampu mengamankan perairan wilayah tersebut dari aktivitas kriminal seperti Ilegal logging, Ilegal fishing, dan hukum trafficking,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan selama 10 hari kedepan di Rahlat Cilandak dan Pulau Damar. Dengan berbagai materi, antara lain materi hukum, intelijen, teritorial, tempur dan komplek, motor tempel, dayung, renang dan survivel.

“Kepada para penyelenggara latihan beserta para instruktur dan pelatih agar dapat memberikan dukungan dan materi latihan semaksimal mungkin, sehingga peserta latihan dapat benar-benar memahami semua materi yang diberikan serta utamakan Zero Accident,” pungkasnya.

@DM