oleh

Dankodiklatal Tinjau Kegiatan Siswa Di Puslatdiksarmil

SIDOARJO, Dalam rangka melihat secara langsung kegiatan siswa, Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI. Nurhidayat melakukan kunjungan ke Pusat Latihan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Kodiklatal, yang berlokasi di Juanda Sidoarjo, Kamis (15/07/2021).

Kedatangan Dankodiklatal di Kawah Candradimuka Prajurit Matra Laut tersebut, disambut dan diterima langsung Komandan Pusladiksarmil Kolonel Laut (P). Johanes Djanarko Wibowo, dengan didampingi Wadan Puslatdiksarmil, para Kadep, Danseba serta Kepala BP Puslatdiksarmil.

Pada kesempatan itu, Dankodiklatal Laksamana Madya TNI. Nurhidayat memberikan pengarahan kepada Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI-AL Angkatan ke-52_ di Lapangan Candradimuka Puslatdiksarmil (Pusat Latihan Pendidikan Dasar Kemiliteran).

Di hadapan ratusan calon bintara TNI-AL tersebut, Dankodiklatal menyampaikan, bahwa Puslatdiksarmil adalah tempat Pendidikan Dasar Militer yang mengubah karakter dari masyarakat sipil menjadi militer TNI-AL untuk prajurit Pendidikan Pertama (Dikma).

Sedangkan, sambung Nurhidayat, untuk pendidikan Reguler (Diktuk) merubah karakter dari Prajurit Strata sebelumnya menjadi Bintara atau Perwira yang profesional menjiwai Saptamarga dan Sumpah Prajurit.

Pendidikan tahap dasar keprajuritan ini, kata Nurhidayat, sangat membutuhkan fisik dan mental yang prima. Selaku Dankodiklatal, ia percaya dengan syarat kelulusan pada tahap seleksi para siswa dapat mengikuti penggemblengan di Kawah Candradimuka Puslatdiksarmil dengan baik dan akan menjadi Prajurit Matra Laut yang Tanggap, Tanggon dan Trengginas.

“Laksanakan pendidikan ini dengan baik, penuh semangat, selalu gembira dan rasa ikhlas. Karena, dengan rasa ikhlas walaupun berat, akan terasa ringan. Selain itu, senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar diberi keselamatan dan kesehatan selama menempuh pendidikan di Kodiklatal,” pesannya.

Dankodiklatal juga memberikan pembekalan kepada para Komandan Sekolah, para Kadep, Instruktur, Pelatih dan Pembimbing Siswa Pusladiksarmil. Dalam pembekalannya, Dankodiklatal menyampaikan agar dalam melaksanakan pembinaan terhadap siswa selalu mengikuti prosedur yang ditetapkan dan menjaga keselamatan personil dan matrial.

Kunjungan kerja di Puslatdiksarmil, diakhiri dengan peninjauan sarana dan prasarana pendidikan di Puslatdiksarmil dengan menggunakan sepeda.

@Red

Komentar

News Feed