Nasional

Dandim 0607/KS Bersama Kapolres Sukabumi Kota Peringatan Hari Lahir Pancasila

1
×

Dandim 0607/KS Bersama Kapolres Sukabumi Kota Peringatan Hari Lahir Pancasila

Sebarkan artikel ini

SUKABUMI – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Forkopimda Kota Sukabumi menggelar Upacara, di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Kelurahan Gunung Parang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Sabtu (01/06/2024).

Dikesempatan ini, dihadiri oleh Pj. Walikota Sukabumi Drs. Kusmana Hartadji M.M., (bertindak selaku Irup), Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf. Yudhi Hariyanto S.Hub. Int., Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo S.H., S.I.K., M.Si., AKBP Mulyana SH (perwakilan Secapa Polri), Kapten Cpm. Tomi (Dansubdenpom Sukabumi), Letda Inf. Rusdialam (PJS Pasi Ops 310/KK), KH. Aab Abdullah (Ketua MUI Kota Sukabumi), H. Nurul Jamal Hadi (Kepala DPD KNPI Kota Sukabumi) dan Kepala SKPD Kota Sukabumi.

Sambutan Kepala BPIP RI, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi M.A., Ph.D., yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menyampaikan, upacara Peringatan Hari lahir Pancasila tahun 2024, dengan mengangkat tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Pancasila menyatukan kita dari berbagai struktur, agama, suku, budaya dan adat-istiadat. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa bagi Bangsa Indonesia. Dalam momentum yang bersejarah ini, saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bahu membahu membangun bangsa Indonesia,” tuturnya.

Lebih lanjut Irup membacakan, bahwa Pancasila merupakan bintang penuntun di era Globalisasi. Pancasila harus kita pedomani dengan segenap jiwa raga kita. Perkembangan situasi global yang ditandai teknologi informasi yang pesat, sehingga Pancasila bisa kita jadikan filterisasi.

“Untuk itu, dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin bangsa Indonesia akan berhasil melewati tantangan kedepan,” imbuhnya.

“Bangsa Indonesia adalah bangsa yang dewasa dalam demokrasi. Kita sudah melewati pesta demokrasi dengan penuh bahagia. Semoga dengan peringatan Hari Lahir Pancasila ini, bisa membawa kemakmuran dan kemajuan, serta kejayaan untuk bangsa Indonesia dikancah dunia,” tutupnya.

Adapun peserta pasukan upacara, diantaranya Kodim 0607/Kota Sukabumi, Yonif 310/KK, Yon Armed 13/Nanggala, Setukpa Polri, Polres Sukabumi Kota, Satpol PP Kota Sukabumi, Dishub Kota Sukabumi, BPBD Kota Sukabumi, PGRI Kota Sukabumi, Korpri Kota Sukabumi, Perwakilan Mahasiswa se-Kota Sukabumi, Perwakilan OKP Kota Sukabumi, Perwakilan Pelajar SMA Kota Sukabumi, Perwakilan Pelajar SMP Kota Sukabumi, Pramuka Kota Sukabumi, PMI Kota Sukabumi, dan Menwa Kota Sukabumi.