Nasional

Ciptakan Pemilu Damai, TNI-Polri dan Apdesi di Purwakarta Gelar Silaturahmi

×

Ciptakan Pemilu Damai, TNI-Polri dan Apdesi di Purwakarta Gelar Silaturahmi

Share this article

POLRES PURWAKARTA – Jelang Pemilu 2024, TNI-Polri dalam hal ini Kodim 0619/Purwakarta bersama Polres Polres Purwakarta diamanahi untuk menjaga keamanan wilayah.

Dengan demikian, Polres Purwakarta dan Kodim 0619/Purwakarta terus menguatkan sinergitas untuk menyatukan visi-misi menjaga situasi Kabupaten Purwakarta yang aman dan kodusif.

banner 325x300

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain saat menghadiri kegiatan silaturahmi bersama Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Purwakarta, pada Sabtu kemarin (27/01/2024).

Kegiatan yang digelar di Aula Desa Wanasari, Kecamatan Wanayasa itu dalam rangka mendukung TNI/Polri untuk mensukseskan dan mewujudkan Pemilu Damai di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Pada kegiatan tersebut, dihadiri Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm. Andi Achmad Afandi, Kepala DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Jaya Pranolo, Ketua DPC APDESI Kabupaten Purwakarta Tatang Taryana dan para Kepala Desa se-Kabupaten Purwakarta.

Melalui kegiatan seperti ini, kata Edwar, TNI-Polri dan Pemerintah Desa bisa satu frekuensi mengawal serta mengamankan wilayah khususnya di Kabupaten Purwakarta. Sehingga setiap tahapan hingga pelaksanaan Pemilu berjalan aman.

“Untuk menjaga keamanan wilayah perlu mengantisipasi, salah satu bentuk antisipasi kuncinya kita jadi Satu, tidak ada yang lain. Kalau kita satu, aman,” tegas Edwar, Minggu (28/01/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Edwar juga mengucapkan terimakasih, karena selama 1 tahun 7 bulan dirinya menjabat kapolres Purwakarta bisa menjaga situasi dengan tetap aman dan kodusif.

“Alhamdulillah saya di Purwakarta sudah 1 tahun 7 bulan, guyubnya itu luar biasa. Semua permasalahan itu bisa didiskusikan duduk bareng musyawarah mufakat. Saya berharap ini kita bisa teruskan, bisa dilanjutkan nilai yang tidak bisa ditemukan di Polres lain, semua bisa selesai dengan musyawarah,” bebernya.

Kapolres berpesan, “Jangan sampai beda pilihan memecahkan silaturahmi yang sudah terjalin. Untuk itu, kami mengajak para Kepala Desa untuk selalu bersinergi dengan TNI- Polri dan turut ambil peran dalam menciptakan situasi yang aman, damai dan sejuk, dalam menghadapi Pemilu 2024,” pesannya.

Dengan adanya silaturahmi ini, Edwar berharap, hubungan sinergitas antara TNI-Polri dengan para Kepala Desa di Kabupaten Purwakarta dapat terjalin dengan baik. Dan nantinya, dapat bersama-sama TNI-Polri dalam memelihara Kamtibmas pada pelaksanaan Pemilu 2024.

“Mari kita ciptakan kondusifitas jelang Pemilu 2024. Tetap guyub rukun walaupun berbeda pilihan. Mari kita ramaikan pesta demokrasi ini dengan ikut serta berpartisipasi, dengan menggunakan hak pilih, dengan tetap menjaga keamanan,” ajak Edwar.

Sementara itu, Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm. Andi Achmad Afandi mengatakan, tujuan silaturahmi ini adalah untuk menyampaikan persepsi visi dan misi dalam menjaga Keamanan dan ketertiban masyarakat. Hal ini karena situasi Kamtibmas di lapangan bisa berubah-ubah tergantung situasi dan kondisi.

“Intinya kita bersilaturahmi dengan para Kepala Desa ini hanya ingin menyamakan persepsi dalam melayani masyarakat, sehingga wilayah tetap aman dan kodusif tetap terjaga dengan baik,” jelas Andi.

Menjelang pemilu 2024, kata Dandim, potensi persaingan dan perbedaan akan terjadi di suatu daerah. Namun dengan konsep kebhinekaan perbedaan tersebut dapat disatukan.

“Menghadapi tahun politik, kita hanya ingin menghimbau, mengajak agar pesta demokrasi ini berjalan dengan lancar. Kepala Desa ini memang berat, disisi lain harus netral, tapi di sisi lainnya pihak punya hak pilih. Kita tidak ada tujuan lain selain mensukseskan pesta rakyat dalam pemilihan umum tahun 2024 ini,” paparnya.

Pesta demokrasi yang dilaksanakan 5 (Lima) tahun sekali ini, Dandim berharap, tentunya harus bersama sama-sama menjaga Desa masing-masing. Jangan sampai menjadi catatan sejarah yang kurang baik.

“Mudah-mudahan pada saat pemilu 2024 situasi kondisi aman semua tanpa kekurangan satu apapun, atau gangguan apapun. Itu yang kami harapkan dan kami inginkan, beda suara boleh tapi tujuan tetap satu, membangun NKRI dan menjaga kedaulatan NKRI. Ayo kita jadikan Kabupaten Purwakarta menjadi percontohan untuk Kota atau Kabupaten lainnya dalam pelaksanaan, keamanan dan kondusifitas hidup bernegara, berbangsa di negara kita,” ajak Letkol Arm Andi Achmad Afandi.

Terpisah, Ketua DPC APDESI Kabupaten Purwakarta, Tatang Taryana mengatakan, point penting dalam bersilaturahmi yakni untuk berkolaborasi menciptakan situasi Pemilu 2024 di Kabupaten Purwakarta yang aman dan kondusif.

“Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Pesta Demokrasi Pemilihan Umum, tinggal 17 hari lagi. Kita berinisiatif, kita mempunyai peran di pemilihan umum ini. Satu hal yang kita inginkan dalam pesta demokrasi ini, yakni sukses tanpa ekses,” ucap Tatang.

Dengan silaturahmi ini, sambung Tatang, para Kepala Desa se-Kabupaten Purwakarta menjalin koordinasi dengan aparat TNI-Polri agar bersama-sama memberikan imbauan kepada masyarakat.

“Harapannya, dengan adanya silaturahmi yang baik dapat mempermudah dalam pelaksanaan tugas untuk menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Purwakarta,” pungkas Tatang.

Incoming search terms:

  • https://mediapolri id/ciptakan-pemilu-damai-tni-polri-dan-apdesi-di-purwakarta-gelar-silaturahmi html