Nasional

Cetak Generasi Yang Berkarakter, Polres Purwakarta Lantik Pramuka Saka Bhayangkara

×

Cetak Generasi Yang Berkarakter, Polres Purwakarta Lantik Pramuka Saka Bhayangkara

Share this article

POLRES PURWAKARTA – Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat melantik anggota Pramuka Saka Bhayangkara Satuan Polisi Perairan dan Udara (Sat Polairud), Pada Minggu, 10 Maret 2024.

Kegiatan yang diikuti sebanyak belasan anggota Pramuka tingkat Penegak dari beberapa Sekolah SMA, SMK dan MA yang ada di Wilayah Hukum Sat Polairud Polres Purwakarta dengan mengusung tema ‘Saka Bhayangkara Pelopor Penjaga Harkamtibmas Yang Berjiwa Nasionalisme Berlandaskan Pancasila’

banner 325x300

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Polairud, AKP Darmaji mengatakan Saka Bhayangkara merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis pelajar dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Usai pelantikan, Saka Bhayangkara tersebut dilatih dan dididik dalam akhlak yang baik, baris-berbaris, bagaimana mencintai alam, Harkamtibmas, pengaturan berlalu lintas, bahaya narkoba dan latihan-latihan lain yang berguna untuk pembinaan mental generasi muda,” ucap Darmaji, pada Senin, 11 Maret 2024.

Diharapkan, Kata Darmaji, dengan adanya pembentukan dan kegiatan pelatihan Saka Bhayangkara ini bagi yang bergabung dalam Saka Bhayangkara bisa menjadi contoh atau tauladan di sekolahnya masing-masing.

“Terutama dalam kedisiplinan dalam mentaati peraturan-peraturan sekolah serta menjauhi perbuatan-perbuatan yang negatif,” ungkapnya.

Darmaji menuturkan pelatihan dan pembinaan Anggota Saka Bhayangkara ini merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk membentuk mental dan kebribadian pelajar yang lebih baik.

“Kegiatan Saka Bhayangkara diberikan latihan yang berguna untuk pembinaan mental generasi muda. Anggota Saka Bhayangkara ini adalah pelajar-pelajar setingkat SMA. Diharapkan pramuka saka bhayangkara dapat memberikan kontribusi yang positif dalam bidang pemeliharaan kamtibmas, pelopor keselamatan berlalu lintas serta menjadi duta polisi di tengah masyarakat,” ucap Darmaji.@red