Nasional

Camat Bumi Agung Firdaus dan Muspika Peduli Sampah di Hari Peduli Sampah Nasional 2024

×

Camat Bumi Agung Firdaus dan Muspika Peduli Sampah di Hari Peduli Sampah Nasional 2024

Share this article

Setiap tanggal 21 Februari, diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Indonesia dan tahun ini tema yang diambil adalah “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”.

banner 325x300

Sehubungan dengan hal tersebut Camat Bumi Agung Firdaus dan Uspikanya pada hari ini Jumat 21/02/2024 secara gebyar di Kecamatan Bumi Agung ikut ambil bagian memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dengan turun ke lapangan secara bersama sama bergotong royong membersihkan sampah di lingkup instansi, kantor dan rumah masyarakat

Firdaus dalam penyampaiannya ” Sampai saat ini sampah plastik masih merupakan salah satu penyumbang terbesar sampah di Indonesia dan dunia. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pada tahun 2022 sampah yang paling dominan di Indonesia adalah sisa makanan, plastik dan kertas.
” Peduli sampah adalah tugas kita semua, apabila masing-masing individu bisa mengelola sampah maka akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat

“Kalau sampah plastik mereka bisa tabung di bank sampah, untuk organiknya bisa jadi kompos,” kata Firdaus.

Awalnya sampah hanya dibuang, sekarang bisa menjadi salah satu sumber penghasilan dan tentunya lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat.

Peringatan HPSN tahun 2024 ini akan memfokuskan persiapan Indonesia dalam menghadapi ILBI (International Legally Binding Instrument) on plastic pollution untuk mewujudkan penyelesaian polusi plastik di Indonesia. Peringatan HPSN 2024 juga ditujukan untuk memenuhi target nasional dalam penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah dan sampah, Tutup Firdaus.

Petrus Sumarno