NasionalPOLRI

Buka Pelatihan Fungsi Teknis Intelkam, Ini Arahan Kapolres Jepara kepada Jajarannya

1
×

Buka Pelatihan Fungsi Teknis Intelkam, Ini Arahan Kapolres Jepara kepada Jajarannya

Sebarkan artikel ini
Oplus_0

POLRES JEPARA – Polres Jepara Beri Pelatihan Penting Untuk Meningkatkan Profesionalisme Fungsi Intelkam . Tingkatkan Kemampuan Personil, Polres Jepara Gelar Pelatihan Fungsi.

Jepara – Polres Jepara | Kepolisian Resor (Polres) Jepara menggelar pelatihan fungsi teknis Intelijen dan Keamanan (Intelkam) untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme anggotanya yang bertempat di Aula Mapolres Jepara, Kamis (6/6/2024).

Pelatihan yang dibuka langsung oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan ini dihadiri narasumber dari Ketua KPU Kabupaten Jepara Ris Andy Kusuma dan KBO Sat Intelkam Polres Jepara Ipda Nawawi yang diikuti oleh seluruh personel yang bertugas di bidang intelijen dan keamanan serta para kanit intelkam Polsek jajaran.

Dalam sambutannya, Kapolres Jepara mengatakan, bahwa dengan terselenggaranya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan peran dan fungsi personel intelijen.

Menurutnya, intelijen merupakan salah satu bagian yang menjadi ujung tombak dalam institusi Kepolisian.

“Setiap Intelijen diharapkan memiliki kepekaan terhadap permasalahan yang terjadi di lapangan dan di wilayah hukum masing-masing,” ujar AKBP Wahyu.

Lebih lanjut, Kapolres menyampaikan, bahwa pelatihan fungsi teknis ini juga merupakan penjabaran dari Program Prioritas Polri dalam rangka pentingnya deteksi dini terhadap kerawanan saat Pilkada 2024.

“Setiap pembuatan data Intelijen harus akurat sesuai dengan fakta dilapangan bukan asumsi,” ucapnya.

Laksanakan update data Intel jelang pelaksanaan Pilkada saat pembuatan Kirka Intel yang akan menjadi dasar penyusunan Ren-ops Mantap Praja 2024.

“Perencanaan yang buruk sama dengan merencanakan kegagalan,” tegasnya.

Dengan melakukan persiapan sejak dini untuk mencegah timbulnya konflik pada pemilu 2024 yang akan datang.

“Deteksi dini diharapkan dapat mengeliminasi gangguan keamanan mulai dari tahapan hingga pelaksanaan Pilkada pada tahun 2024,” jelas AKBP Wahyu.

Selain itu, Abituren Akpol 2003 ini mengutarakan, pada pelatihan fungsi teknis intelkam ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pemahaman dan penguasaan intelijen yang handal.

“Melalui upaya pendidikan dan pelatihan serta proses pembelajaran yang efektif ini diharapkan dapat mengembangkan potensi diri demi terwujudnya SDM Intelijen Polri yang bermoral, berpengabdian, berwawasan, cerdik dan cendikiawan,” ucapnya.

Kapolres juga mengharapkan kepada peserta pelatihan Fungsi Teknis Intelkam dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan silahkan apabila ada hal yang belum dimengerti dapat disampikan pernyataan kepada narasumber.

Sementara itu, KBO Sat Intelkam Polres Jepara Ipda Nawawi salah satu narasumber menjelaskan, pentingnya kecepatan dan akurasi dalam pengumpulan informasi.

“Intelijen yang efektif adalah yang mampu memberikan informasi yang cepat, tepat, dan akurat. Dalam era digital ini, kita harus mampu memanfaatkan teknologi untuk mendukung tugas intelijen,” ujar Ipda Nawawi.

Ditempat yang sama, Bripka Faraukhun Muhlis Kanit Intelkam Polsek Bangsri salah satu peserta pelatihan mengatakan, bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan.

“Pelatihan ini memberikan banyak ilmu baru yang sangat berguna dalam tugas sehari-hari. Kami jadi lebih paham tentang teknik-teknik terbaru dalam intelijen dan keamanan,” ujarnya.

Di akhir pelatihan, Kapolres Jepara juga menekankan pentingnya integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas intelijen.

“Kita harus selalu berpegang pada prinsip-prinsip kejujuran, kerahasiaan, dan profesionalisme. Tugas kita adalah memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat, dan itu harus dilakukan dengan cara yang benar dan bermartabat,” tutupnya.@red