oleh

BNNP Babel Terapkan Pasal Berlapis kepada Bandar Narkoba, Dijerat Pencucian Uang

BABEL – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bangka Belitung akan menjerat para bandar dan jaringan narkoba dengan pasal berlapis. Selain tindak pidana narkoba, para tersangka juga akan dijerat dengan pasal pencucian uang.

Kepala BNNP Babel Brigjen Pol MZ Muttaqin mengatakan, penegakan hukum ini untuk menimbulkan efek jera bagi pengedar barang haram tersebut.

“Selama ini, penegakan hukum kepada bandar dan jaringan narkoba ini hanya menggunakan tindak pidana narkoba saja sehingga kurang menimbulkan efek jera,” ujar Muttaqin, Sabtu (3/7/2021).

Dia mengatakan, dalam penerapan pasal berlapis ini akan bekerja sama dengan Kejati, Pengadilan Tinggi dan Polda Kepulauan Babel agar satu persepsi dalam membuat para bandar serta jaringan narkoba jera.

“Kami sita harta kekayaan, rumah, perhiasan dan seluruh yang berkaitan dengan pencucian uang. Ini berdasarkan pengalaman saya di BNNP Maluku yang telah menerapkan penegakan hukum berlapis. Tidak hanya tindak pidana narkoba tetapi juga pencucian uang,” katanya.

Karena itu, dia meminta dukungan semua pihak terutama tokoh masyarakat, agama, adat dan pemuda untuk sama-sama bertekad lawan narkoba.

“Mari kita bersama-sama bangkit untuk lawan narkoba dan menciptakan keluarga antinarkoba sejak dini di keluarga kita masing-masing,” katanya.

Wakil Gubernur Kepulauan Babel Abdul Fatah mengungkapkan, pemerintah provinsi (pemprov) secara aktif mendukung pemberantasan peredaran narkoba di Negeri Serumpun Sebalai tersebut.

“Kami bersama seluruh lembaga bergerak bersama menghadapi dan menumpas peredaran narkotika yang merusak generasi penerus bangsa ini,” katanya.@in

Komentar

News Feed