BNN RI Terima Penghargaan atas Kinerja Pengelolaan Barang Milik Negara

JAKARTA – Sekretaris Utama BNN RI, Drs. I Wayan Sukawinaya M.Si., menerima penghargaan Anugerah Reksa Bandha tahun 2022, pada Rabu (23/11/2022)/kemarin.

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati S.E., M.Sc., Ph.D., yang berlangsung di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, dengan dihadiri sejumlah Pimpinan Tinggi Kementerian/Lembaga.

BNN RI menerima penghargaan Reksa Bandha 2022, dalam kategori utilisasi Barang Milik Negara (BMN) pada kelompok Tiga bersama dengan Kementerian Keuangan dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Penghargaan yang didapatkan BNN ini, merupakan hasil dari peningkatan indeks pengelolaan aset (IPA) BNN RI pada tahun anggaran 2021 sebesar 2,82 menjadi 3,19 pada tahun anggaran 2022.

Peningkatan indeks pengelolaan aset BNN tersebut didapatkan dari Empat area, antara lain peningkatan utilisasi pada aplikasi SIMAN pada pemanfaatan, pemindahtanganan, dan penghapusan BMN.

Peningkatan penggunaan BMN secara tertib untuk mengurangi jumlah BMN yang rusak berat, peningkatan pelaksanaan penghapusan melalui lelang untuk BMN yang rusak berat, dan peningkatan persentase BMN yang memiliki dokumen kepemilikan.

“Penghargaan ini juga merupakan hasil sumbangsih dari seluruh Satker di lingkungan BNN, harapannya dengan perolehan penghargaan ini dapat menjadi penyemangat BNN dan jajaran untuk terus meningkatkan kemampuan dan kualitas dalam bidang pengelolaan dan penatausahaan BMN kedepannya.

”Maju terus pengelolaan BMN BNN. War on Drugs,” kata Sekretaris Utama BNN RI, Drs. I Wayan Sukawinaya M.Si.

Sementara itu, Menteri Keuangan menyampaikan, bahwa penghargaan terkait pengelolaan aset negara yang diberikan merupakan bentuk apresiasi Kementerian Keuangan kepada K/L dalam membangun kultur menjaga aset negara dan memanfaatkan aset tersebut secara maksimal.

“Ini merupakan upaya negara dalam menciptakan kultur bersama untuk mengelola dan memanfaatkan aset secara maksimal sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada rakyat,” ujar Sri Mulyani.

Anugerah Reksa Bandha tersebut, Sri Mulyani berharap, dapat mampu membangkitkan semangat Kementrian/ Lembaga sebagai pengguna barang untuk menjaga dan mengelola kekayaan negara dengan baik.

@Red

Komentar