Nasional

BKPSDM Majalengka Gelar Diklat Public Speaking Tingkatkan Kualitas Skill Komunikasi

4
×

BKPSDM Majalengka Gelar Diklat Public Speaking Tingkatkan Kualitas Skill Komunikasi

Sebarkan artikel ini

MAJALENGKA – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menggandeng Pusat Training dan Motivasi Thanks Institute Indonesia menyelenggarakan Diklat Public Speaking dan Motivasi Kerja bagi Aparatur Sipil Negara atau ASN di lingkungan Pemkab Majalengka.

Kegiatan yang diikuti ratusan pegawai eselon III tersebut, digelar sebagai bentuk komitmen BKPSDM Majalengka dalam mendorong peningkatan kualitas ASN di lingkungan Pemkab Majalengka.

Kepala BKPSDM Majalengka, H. Irfan Nur Alam mengatakan, Diklat Public Speaking dan Motivasi Kerja yang digelarnya itu bertujuan untuk melatih dan mengasah kemampuan komunikasi verbal, sekaligus mendongkrak motivasi kerja para ASN.

“Kecakapan public speaking bukan hanya menjadi kebutuhan dalam menjalankan tugas sehari-hari, tetapi juga merupakan keterampilan yang krusial dalam meningkatkan profesionalisme serta citra positif instansi pemerintahan,” jelas Kepala BKPSDM Majalengka, H. Irfan Nur Alam, Senin (20/11/2023).

Irfan mengutarakan, salah satu manfaat dari diklat ini adalah peningkatan rasa percaya diri para peserta. Menurutnya, dengan menguasai teknik berbicara yang efektif, ASN dapat lebih percaya diri dan lugas saat menyampaikan ide, informasi atau kebijakan kepada publik.

Dikatakannya, hal ini tidak hanya berdampak pada peningkatan kualitas komunikasi internal di lingkungan Pemkab Majalengka, tetapi juga memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat.

Selain itu, Diklat Public Speaking dan Motivasi Kerja juga memberikan manfaat dalam meningkatkan kemampuan persuasi para ASN. Dengan kemampuan ini, mereka dapat lebih efektif dalam menyampaikan pesan dan meyakinkan masyarakat tentang kebijakan atau program yang diterapkan oleh pemerintah.

“Persuasi yang baik dapat membangun kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap langkah-langkah dari program yang diterapkan oleh pemerintah,” ujar Irfan Nur Alam.

Irfan menambahkan, diklat ini juga diarahkan untuk membentuk gaya berbicara yang jelas, terstruktur dan mudah dipahami. Kejelasan dalam berbicara akan mempermudah pemahaman pesan yang disampaikan.

Sehingga, imbuhnya, informasi dapat tersampaikan dengan efektif kepada berbagai lapisan masyarakat. Dengan begitu, transparansi dan akuntabilitas pemerintah dapat lebih terjamin.

“Melalui pembekalan yang diperoleh dari kegiatan Diklat Public Speaking dan Motivasi Kerja bagi ASN ini, diharapkan dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif, efisien dan dapat merespons kebutuhan masyarakat dengan lebih baik,” ungkap Irfan Nur Alam.

Sementara itu, Ketut Abid Halimi, motivator dalam kegiatan tersebut yang didampingi fasilitator pendidikan, Bambang H. Irwanto, menyatakan bahwa pembekalan tersebut bertujuan untuk membentuk keterampilan komunikasi yang baik pada pejabat eselon III Pemkab Majalengka, serta mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara efektif antara atasan, bawahan dan rekan sejawat.

“Kami fokus pada pengembangan gaya komunikasi yang lebih atraktif, menghindari kesan monoton. Hal ini bertujuan agar saat memberikan sambutan atau memimpin forum, pejabat dapat tampil mantap, menguasai situasi dan menarik perhatian,” ungkap sang motivator nasional peraih rekor MURI dan LEPRID ini.

Lebih lanjut, menurutnya, dengan penguasaan keterampilan itu, maka para peserta diklat yang merupakan pejabat di lingkungan Pemkab Majalengka tersebut dapat membentuk sikap positif dan membawa energi positif serta meningkatkan motivasi kerjanya yang tinggi. @red