oleh

Binsiap Apwil Puanter, Sarana Meningkatkan Kesiapan Prajurit Kodim Gianyar

GIANYAR – Untuk Meningkatkan Kesiapan Prajurit Dalam Pelaksanaan Pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Kodim 1616/Gianyar menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan lV Tahun Anggaran 2020, berlangsung di Aula TNI Manunggal Rakyat Kodim 1616/Gianyar. Selasa, (03/11/20).

Kegiatan ini merupakan Program Kerja Staf Teritorial Tri Wulan lV Tahun Anggaran 2020. Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro secara resmi membuka kegiatan ini yang dalam sambutannya mengatakan, melalui kegiatan ini kita akan mampu meningkatkan kemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan di wilayah.

“Jadikan kegiatan ini, sebagai barometer bagi kita selaku aparat kewilayahan guna mendukung tugas pokok Kodim dengan tujuan sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui kegiatan metode Binter di lapangan sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja “Ungkap Dandim.

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan bagian yang sangat penting bagi kesiapan seluruh aparat kewilayahan dalam menjalankan fungsi pembinaan teritorial sekaligus sebagai fungsi utama di TNI AD.

Lebih lanjut Dandim menegaskan, ada beberapa penekanan kepada paranormal peserta untuk dijadikan pedoman dalam bertugas diantaranya, meningkatkan dan pelihara kesiapan sebagai aparat wilayah serta mantapkan kemampuan teritorial, meningkatkan kemampuan pemberian laporan kepada komando atas agar dapat di tindak lanjuti.

Adapun materi yang diberikan yaitu adat istiadat dan budaya masyarakat di wilayah binaan oleh Kapten Inf A.A. Raka Malia yang saat ini menjabat Danramil 1626-03/Tampaksiring, Mitigasi bencana alam oleh Pasiops Kapten Inf Made Winaya. Metode Binter oleh Danramil 1616-01/Gianyar Kapten Inf Hengki.

Perkembangan teknologi dan Informasi oleh Letda Inf Karel A.P. Tingkat ekonomi masyarakat di sekitar satuan binaan oleh Kapten Chb Wayan Suargita, Kondisi alam wilayah binaan oleh Kapten Inf I Gede Astawa. Pengetahuan Pilkada oleh Kapten Inf I Ketut Suprapta. Sikap teritorial oleh Kapten Inf Cok Semadi dan Lima kemampuan teritorial oleh Kapten Inf I Wayan Sudana ,”Tandasnya@Agus.

Komentar

News Feed