Bhabinkamtibmas Desa Batuan Kaler, Atensi Upacara Ida Bhetara Medal Dan Mepepada Alit Di Pura Arca Brahma Lelare Patung Bayi

Polres Gianyar-Polsek Sukawati, Bhabinkamtibmas AIPTU GN JUMAYA bersama Babinsa Pelda Kt. Suryanata dan Angge Pecalang Desa Adat Ganggangan Cangi Batuan Kaler laksanakan pengamanan dan pengaturan lalu lintas selama kegiatan Upacara Ida Bethara Medal dan Mepepada Alit rangkaian dari Upacara Karya Pedudusan Agung di Pura Arca Brahma Lelare / Patung Bayi, Pada hari Senin/ Soma Wage Medangsia Pinanggal 23 Januari 2023.

Menurut Bhabin Desa Batuan Kaler Aiptu IGN Jumaya mengatakan, “Acara upacara dimaksud dipuput oleh Sulinggih Ida Peranda Buda Jelantik Adnyana dari Griya Tegal Celuk dengan rangkaian sbb :
– Nedunang/Medalang Ida Bethara.
– Mepepada dengan mengantarkan hewan upacara mengelilingi tempat upacara di pelataran Pura Arca Brahma Lelare.
– Persembahyangan bersama
– Dan yang terakhir hewan upacara tadi dipotong untuk persiapan upakara puncak
dan persembahyangan bersama oleh pemedek dari Br. Blahtanah dan pemedek lainnya sekitar kurang lebih 300 orang.” Ungkapnya

“Kegiatan berjalan aman berkat pengamanan dilaksanakan oleh anggota terseprin dari Lantas Polres Gianyar, Anggota KTL Sakah dibawah pimpinan Kanit Lantas Polsek Sukawati AKP Made Weta dan Angge Pecalang Desa Adat Ganggangan Cangi Desa Batuan Kaler. Tutup Pak Bhabin.

Komentar