oleh

Beginilah Sejarah Hari Pahlawan 10 November

JAKARTABangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan di tanggal 10 November setiap tahunnya.  Hari Pahlawan menjadi salah satu bagian penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yang sekaligus menjadi pengingat akan semangat juang rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Mengapa Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November? Yuk simak penjelasan sejarah Hari Pahlawan di bawah ini yang dikutip dari laman Cakap.com.

Sejarah hari pahlawan

Hari Pahlawan ditetapkan setiap tanggal 10 November untuk memperingati perjuangan bangsa Indonesia dan para pahlawanyang gugur dalam pertempuran melawan penjajah. Pertempuran tersebut diketahui sebagai salah satu pertempuran terbesar dan terpenting melawan kolonialisme dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Dilansir dari laman Kemensos.go.id, pertempuran yang terjadi antara bangsa Indonesia dan pasukan tentara Inggris dipicu salah satunya oleh tewasnya Brigadir J Mallaby, pimpinan tentara Inggris di wilayah Jawa Timur. Sebelum pertempuran terjadi, tepatnya pada 29 Oktober 1945, tentara Inggris dan pihak Indonesia menyepakati penghentian perang sementara atau yang disebut dengan gencatan senjata.

Namun, sejumlah bentrokan masih terjadi antara pihak Inggris dan rakyat Indonesia meskipun dalam masa gencatan senjata. Puncaknya, saat Brigadir J Mallaby tewas terbunuh sehingga memancing kemarahan pihak Inggris.

Setelah kejadian tersebut, pihak Inggris mengeluarkan ultimatum yang berisi permintaan kepada rakyat Indonesia untuk menyerahkan seluruh persenjataan dan berhenti melakukan perlawan terhadap tentara Inggris. Pihak Inggris memberikan waktu sampai pukul 6 pagi, 10 November 1945 dan apabila ultimatum tersebut tidak diindahkan maka pihak Inggris akan menyerbu kota Surabaya.

Tentara Indonesia dan rakyat Surabaya tidak mengindahkan ultimatum tersebut, sehingga terjadilah pertempuran Surabaya yang berlangsung kurang lebih selama tiga pekan. Pertempuran tersebut merupakan pertempuran pertama pihak Indonesia melawan tentara asing setelah Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

Ditetapkannya 10 November sebagai Hari Pahlawan

Kota Surabaya dikenang sebagai Kota Pahlawan karena semangat perjuangan warga sipil dan tentara Indonesia yang membara dan tak kenal menyerah dalam pertempuran berdarah melawan tentara Inggris. Pertempuran Surabaya juga dikenal sebagai simbol perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Untuk memperingati semangat perjuangan tentara Indonesia dan rakyat Surabaya pada pertempuran 10 November 1945, tanggal 10 November pun ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.

Itulah sejarah di balik Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. Selamat Hari Pahlawan! Mari mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. @mi

Komentar

News Feed