NasionalPOLRI

Begini Penjelasan Kapolri terkait Konflik di Pulau Rempang Batam

1
×

Begini Penjelasan Kapolri terkait Konflik di Pulau Rempang Batam

Sebarkan artikel ini

MEDIA POLRIKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo buka suara perihal adanya bentrokan aparat gabungan dengan sejumlah masyarakat yang terjadi di Pulau Rempang, Batam.

“Di sana ada kegiatan terkait dengan pembebasan atau mengembalikan kembali lahan milik otoritas Batam yang saat ini dikuasai oleh beberapa kelompok masyarakat,” ujar Sigit baru-baru ini.

Aparat gabungan dari unsur TNI, Polri, dan Ditpam Badan Pengusahaan (BP) Batam terlibat bentrok dengan warga Pulau Rempang lantaran menolak pemasangan patok untuk direlokasi.

“Tentunya langkah-langkah yang dilaksanakan oleh BP Batam mulai dari musyawarah kemudian mempersiapkan relokasi, termasuk ganti rugi terhadap masyarakat yang mungkin telah menggunakan lahan ataupun tanah yang ada di situ. Namun demikian ada beberapa aksi, karena ada beberapa aksi yang kemudian dilakukan upaya-upaya penertiban,” ucapnya.

Sigit berharap permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan mengedepankan musyawarah untuk menemukan mufakat dan segera dituntaskan.

“Namun demikian upaya musyawarah, upaya sosialisasi penyelesaian dengan musyawarah mufakat menjadi prioritas hingga kemudian masalah di Batam, Pulau Rempang bisa diselesaikan,” tandasnya.@red