Nasional

Bedah Buku “Rekonstruksi Nasionalisme”, Didik Karakter Anak Bangsa Sesuai Dengan Pancasila

1
×

Bedah Buku “Rekonstruksi Nasionalisme”, Didik Karakter Anak Bangsa Sesuai Dengan Pancasila

Sebarkan artikel ini

POLRES KARANGASEM – Dalam rangka pembinaan tradisi guna memperingati hari Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023, Polres Karangasem melalui Zoom Meeting mengikuti acara pelaksanaan kegiatan bedah buku “Rekonstruksi Nasionalisme”, di Aula Dhira Brata, Mapolres Karangasem, Bali, Kamis (01/06/2023).

Dikegiatan tersebut, dihadiri oleh Ps.Ksb Dalops Bag Ops IPTU Ni Made Arjani, Ps.Ksb Binkar Bag SDM IPTU I Made Karta, Ps.Ksb Paskon Bag Log IPTU I Ketut Wijaya, Ps.Ksb Prograr IPTU Ni Ketut Widiastini, KBO Sat Narkoba IPTU I Nengah Artika, Kanit III Sat IK IPDA I Made Eka Swarnaya S.H., dan Personil Bag SDM Polres Karangasem.

Kombes Pol. Langgeng Purwono S.I.K., M.H. merupakan penerbit buku yang berjudul “Rekonstruksi Nasionalisme”, Jati Diri Bangsa Merajut Nusantara Untuk Mewujudkan Perdamaian Dunia.

Dalam pemaparannya, Kombes Pol. Langgeng Purwono S.I.K., M.H. menerangkan, terciptanya Buku “Rekontruksi Nasionalisme” mengambil pelajaran dari keteraturan alam semesta dan ekosistem kehidupan untuk mewujudkan keteraturan dalam kehidupan.

Lebih lanjut, Kombes Langgeng menjelaskan, bahwasannya Rekontruksi Nasionalisme adalah penyucian diri dari revolusi semangat para pahlawan dan founding fathers melalui metode priksa, rasa dan karsa dalam memahami Pancasila, UUD tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Saat ini merupakan era kebangkitan jiwa manusia wajib cinta tanah air Indonesia sesuai dengan lagu Indonesia Raya, Jati diri bangsa solusi menghadapi benturan antar peradaban,” jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang Karakter Bangsa Indonesia Pada Lambang Negara Garuda Pancasila.

Usai pemaparan dilanjutkan dengan penyampaian dari para penanggap, diantaranya bahwa penerbitan dari Buku “Rekonstruksi Nasionalisme” Karya Kombes Pol. Langgeng Purwono S.I.K M.H sangat bagus dan dapat digunakan sebagai landasan bagi keimanan dan kemanusiaan bangsa Indonesia.

Di dalam buku tersebut, terdapat Intisari dari Bab dan Sub Bab membuat mudahnya pembaca untuk memahami apa isi materi dari buku tersebut.

Di dalam buku tersebut, sangat banyak menyampaikan pelajaran tentang rasa keimanan, nasionalisme dan cinta tanah air.

Untuk menerapkannya di dalam kehidupan, kita harus bergerak secara bersama-sama untuk mendidik karakter anak bangsa agar sesuai dengan Pancasila, pelajaran tersebut harus kita mulai dari tingkat keluarga.

Bahwa keimanan dan kemanusiaan merupakan jawaban yang sangat dibutuhkan bagi seluruh masyarakat untuk menciptakan kerukunan antar bangsa.@red